HIKMAH


Hikmah yang saya tuangkan didalam blog ini semoga bisa bermanfaat bagi yang membaca umumnya dan saya sendiri khususnya. Dalam hikmah ini tentunya  jauh dari kata sempurna, atau bahkan  jauh dari kata benar. Oleh karena itu saya mohon agar yang kurang bisa ditambahkan dan yang salah bisa dikoreksi dan diluruskan. penuangan dalam blog ini tidak terlepas dari filosofi yang mengatakan “Ikatlah Ilmu dengan Menuliskannya”. Apa yang benar dalam halaman ini semata-mata hanyalah milik Allah SWT,  dan apabila ada yang salah semat-mata tidak terlepas dari kesalahan saya sebagai manusia biasa. Bagi sahabat yang memiliki hikmah tersendiri silahkan tuangkan pada komen hikmah ini.

_______________________________________________________________________________

    “Betul, manusia hanyalah makhluk biasa yang lemah dan kecil dihadapan Tuhan, tetapi harus disadari juga bahwa manusia adalah  makhluk yang paling sempurna diantara makhluk-makhluk yang diciptakan oleh Tuhan dengan dibekali akal dan nafsu, yang secara otomatis tidak bisa terus berlindung dibalik kelemahannya, dan oleh karena itulah kita dihadapkan pada Pertanggungjawaban, dan kita tidak akan bisa lari dari pertanggungjawaban itu”

    Cikupa, 29 Desember 2009

    ~~0O0~~

     

    “Dalam hidup kita tidak bisa mengkonotasikan Perjuangan hanya dengan terus maju kedepan tanpa gentar  karena kita juga harus menggunakan akal pikiran. Terkadang sesekali kita harus berhenti sejenak untuk mengisi energi dan mengatur strategi, atau terkadang kita juga harus mundur dahulu karena apa yang kita hadapi didepan tidak masuk akal dan berbahaya, dan kemudian kita maju kembali dengan energi yang cukup, strategi yang baru, dan lebih waspada”

    Cikupa, 29 Desember 2009

    ~~0O0~~

     

    “Perhatikan Bambu, sebelum ia tumbuh keatas ia akan terus tumbuh kebawah untuk menguatkan akarnya sekuat mungkin, setelah betul-betul akarnya kuat ia baru tumbuh keatas dengan tetap menumbuhkan akarnya, meskipun satu batang ia tetap tumbuh keatas dengan tegarnya melawan hembusan angin, dengan akar yang kuat ia mampu berdiri tegak, dan sekalipun ia ditebang akarnya tetap tertinggal. Coba kita renungkan hubungannya dengan iman dan ilmu kita !

    Cikupa, 29 Desember 2009

    ~~0O0~~

    “Ketika kita merasa disakiti atau dikecewakan oleh teman, maka tuliskanlah namanya diatas air. Tapi, jika seorang teman berbuat kebaikan kepada kita, maka ukirlah namanya diatas granit”

    Cikupa, 30 Desember 2009

    ~~0O0~~

    “Setiap kita yang pernah merasakan jasa orang lain, entah jasa itu kecil maupun besar, maka kita telah berhutang budi yang tidak dapat dibayar dengan nominal berapapun, kecuali dengan persaudaraan sepanjang hayat”

    Cikupa, 30 Desember 2009

    ~~0O0~~

    “Hanya diatas kemanusiaan kita dapat menembus sekat-sekat perbedaan”

    Cikupa, 30 Desember 2009

    ~~0O0~~

    “Hak kita adalah kewajiban bagi pihak lain, dan kewajiban kita adalah hak bagi pihak lain. Dan jika kedua belah pihak menunaikan kewajibannya dengan baik, maka kedua belah pihakpun akan mendapatkan haknya dengan baik”

    Cikupa, 30 Desember 2009

    ~~0O0~~

    “Kekayaan harta tidak diukur dari seberapa besar harta yang mampu kita tumpuk, tapi dari seberapa besar kita ingin dan mampu berbagi secara ikhlas”

    Cikupa, 30 Desember 2009

    ~~0O0~~

    “Berbuat baiklah dengan sikap seolah-olah kita sedang berbuat keburukan yang tentunya tidak ingin diketahui oleh orang lain”

    Cikupa, 30 Desember 2009

    ~~0O0~~

    Hidup ini memang penuh ujian dan tantangan, tapi tidak sedikit pula kesempatan yang Allah berikan kepada kita, oleh karena itu kita harus tetap optimis namun tetapi dalam ruang realistis, kesempatan itu masih banyak dan Insya Allah akan selalu ada, kalaupun memang kesempatan itu telah betul-betul habis maka kitalah yang harus membangun kesempatan itu.

    Cikupa, 5 Pebruari 2010

    ~~0O0~~

    Pada dasarnya, orang tua kita tidak pernah mengharapkan kita kelak menjadi apa ?, tapi mereka hanya ingin agar anak-anaknya dapat hidup bahagia di dunia dan akhirat, walaupun kadang orang tua kita tidak merasakan kebahagaian yang kita rasakan.

    Cikupa, 4 Pebruari 2010

    ~~0O0~~

    Terkadang semakin tinggi cara berpikir, ilmu dan permasalahan yang dihadapi seseorang seiring dengan bertambahnya usia malah membuat  ia lupa terhadap sesuatu yang cenderung bersifat sederhana dan sangat mendasar yang sudah ia pahami betul sewaktu usia muda.

    Cikupa, 6 Pebruari 2010

    ~~0O0~~

    Setengah dari seluruh penyebab seseorang merasa jenuh dengan kebiasaan dan aktivitasnya adalah ketika kebiasaan dan aktivitas tersebut tidak membuahkan manfaat baik bagi dirinya maupun orang lain.

    Cikupa, 7 Pebruari 2010

    ~~0O0~~

    Lebih baik rusak karena dipakai, daripada rusak karena terbengkalai

    Cikupa, 7 Pebruari 2010

    ~~0O0~~

    Saat ini mungkin kamu sedang berbahagia karena kamu begitu terkenal, disanjung-sanjung, dipuja-puja dan diidolakan. Tapi jangan heran, kalau nanti kamu tidak akan dikenal lagi, tidak akan diidolakan lagi, dan mungkin orang tidak peduli lagi dengan kamu.

    Cikupa, 8 Pebruari 2010

    ~~0O0~~

    Sekolah unggulan bukanlah sekolahan yang memiliki tumpukan tropi didalam lemari, yang hanya menerima peserta didik yang berkelakuan baik, cerdas, memiliki nilai akhir yang tinggi, dan memiliki ranking ditingkat pendidikan sebelumnya, selain itu peserta didikpun harus melalui proses seleksi yang super ketat. Sekolah unggulan adalah sekolah yang siap dan bersedia mendidik semua peserta didik dalam kondisi apapun serta mampu menghijrahkan peserta didik dari berkelakuan buruk menjadi baik, daru kurang cerdas menjadi insan yan cendekia, dari yang tidak kreatif menjadi yang berkarya. Kalau sekolah hanya mau menerima siswa yang baik dan pandai saja, lalu apakah mereka yang kurang baik dan kurang pandai akan didiamkan saja ?

    Cikupa, 12 Pebruari 2010

    ~~0O0~~

    Daerah-daerah yang miskin dan tidak berkembang di Indonesia bukanlah “Daerah Tertinggal”, melainkan “Daerah  Ditinggal”. Artinya, daerah tersebut sengaja ditinggalkan oleh pemerintahan pusat dalam fokus pembangunan yang secara tidak merata.

    Cikupa, 12 Pebruari 2010

    ~~0O0~~

    Kawan, kita mungkin akan dan pernah merasakan sebuah kesulitan dalam hidup. Dalam kesulitan-kesulitan tersebut, haruskah kita membagi kesulitan kita kepada orang lain agar kita mendapatkan perhatian ? sepertinya jangan, karena terkadang kitapun kalau sedang dalam kemudahan dan kebahagiaan cenderung lupa kepada orang lain, kita tertawa seolah-olah tidak tahu kalau orang lain sedang kesulitan. Sepertinya sebuah kesulitan harus disikapi seperti kita menyikapi kebahagian yang terkadang kebahagian itu seolah-olah hanya milik kita.

    Cikupa, 12 Pebruari 2010

    ~~0O0~~

    Saya sering membayangkan bagaiman seorang teman, kawan, sahabat blogger, facebooker, twiples (sebutan untuk user twitter), plurker, dan aktivis dunia maya lain sebagainya kemudian meninggal dunia sehingga akunnya tak bertuan lagi, tak  beraktivitas lagi, tak ada lagi perubahan status akun, tak ada lagi postingan blog, tak ada colekan, tak ada komentar untuk kita, semuanya beku tak ada kehidupan pada akun atau blog milik si almarhum, ah betapa sedihnya….. lalu bagaimana jika yang saya bayangkan itu diri saya sendiri ?? mungkin dari sekarang saya harus minta maaf hari-hari yang telah berlalu dan hari-hari yang akan datang atas segala salah dan dosa dalam tindak-tanduk saya baik didunia nyata dan dunia maya. Sekali lagi, maafkan saya kawan….. !!!

    Cikupa, 12 Pebruari 2010

    ~~0O0~~

    Terkadang kia merasa malu ketika dicap “hina” atau mungkin marah dan benci kepada orang yang telah menghina kita. Saya sering bertanya kepada diri saya sendiri, kenapa mesti malu ataupun marah ? Bukankah terkadang sebetulnya diri kita ini sangat hina dan lebih hina dari yang orang hinakan kepada kita. Setahu saya Nabi saja yang sangat mulia sering dihina dalam masa kehidupannya, lalu kenapa kita yang memang betul-betul hina tidak bisa menerimanya ?. Yang penting kan kita tidak berbuat sesuatu yang hina dan juga tidak menghina. Selebihnya Wallahualam….

    Cikupa 23 Pebruari 2010

    ~0O0~

    Ketika saya terlihat baik sesungguhnya Allah sedang menutupi keburukan saya. Ketika saya terlihat mulia sebetulnya Allah sedang menutupi aib saya. Ketika suara saya masih dipercaya sebetulnya Allah sedang menutupi dusta-dusta yang terselip diantara ucapan-ucapan saya. Dan ketika orang melihat buruk, cacat, dan hina pada diri saya, itu artinya saya banyak melanggar aturan Allah, sadarkanlah saya !

    Cikupa, 5 Maret 2010

    ~0O0~

    Islam tidak dibentuk dalam sebuah doktrin yang mengekang kebebeasan berpikir. Islam justru memberikan ruang untuk berpikir seluas-luasnya kepada kita, karena dengan kebebasan berpikir itu sebetulnya akan menuntun kita untuk menemukan hakikat dan konsepsi Islam yang sangat masuk akal.

    Cikupa, 19 Maret 2010

    ~0O0~

    Kecerdasan otak (IQ) berperan sebatas syarat minimal meraih keberhasilan, namun kecerdasan emosilah (EQ) yang akan mengantarkan seseorang menuju puncak prestasi, dan harus disadari bahwa hanya dengan kecerdasan spiritual (SQ) kita dapat konsisten di puncak prestasi itu sekaligus dapat betul-betul merasakannya.

    Cikupa, 19 Maret 2010

    ~0O0~

    Kunci kecerdasan emosi adalah kejujuran kita pada suara hati, pertanyaannya, “Apakah kita jujur pada diri sendiri ?”, “Seberapa cermat kita merasakan perasaan terdalam pada diri kita ?”, “Seringkah kita memperdulikannya ?”. Menurut hadist yang diriwayahkan oleh HR. Muslim Nabi Muhammad menyatakan :”Dosa membuat hati menjadigelisah”.

    Cikupa, 19 Maret 2010

    ~0O0~

    Kenapa kita harus memiliki kejernihan hati dan pikiran ?, karena dengan hati dan pikiran yang jernih kita akan menemukan banyak ide dan gagasan.

    Ciikupa, 21 Maret 2010

    ~0O0~

    Orang yang merdeka adalah orang yang terbebas dari belenggu prasangka negative, prinsip-prinsip hidup yang salah, pengalaman yang membelenggu pemikiran, egoisme kepentingan, pembanding-pembanding subyektif, dan belenggu fanatisme yang menyesetkan.

    Ciikupa, 21 Maret 2010

    ~0O0~

    Pikiran bukanlah suatu wadah untuk idiisi, melainkah sebuah cahaya untuk dinyalakan.

    Ciikupa, 21 Maret 2010

    ~0O0~

    Ketika kita bekerja sungguh-sungguh tanpa melanggar aturan-Nya dan diniatkan untuk-Nya, maka pekerjaan itu tidak ubahnya tugas suci

    Ciikupa, 21 Maret 2010

    ~0O0~

    Kekuatan mental tauhid jauh lebih berperan disbanding kekuatana fisik, rasa aman abadi yang ada didasar hati akan mampu menghadapi segala situasi, yang tidak meng-enakan sekalipun. Selama berpegang kepada Laa Ilaaha Illallaah.

    Ciikupa, 21 Maret 2010

    ~0O0~

    Hanya denga berpegangteguh kepada Tuhanlah yang dapat menimbulkan rasa tenang, ketenangan akan menjernihkan pikiran, pikiran yang jernih akan mampu memunculkan inisiatif-inisiatif penting, sekaligus memberi kesiapan mental untuk menghadapi perubahan yang selalu akan terjadi.

    Ciikupa, 21 Maret 2010

    ~0O0~

    Prinsip akan melahirkan prioritas, dan orang yang bijak akan mengambil keputusan dengan menimbang semua aspek sebagai satu kesatuan, atau berdasarkan prinsip keesaan.

    Cikupa, 21 Maret 2010

    ~0O0~

    Kesempurnaan itu bukanlah memiliki segalanya, namun mampu memanfaatkan apa yang dimiliki dengan baik dan maksimal

    Cikupa, 6 Juli 2010

    ~0O0~

    Dengan segala cinta dan kasih sayang-Mu, Engkau tidak membiarkan kami larut dalam kesedihan. Namun dengan segala ke angkuhan kami, kami larut dalam nikmat-Mu. Ampuni kami ya Allah……..!!!

    Cikupa, 5 Agustus 2010

    ~oOo~

    Ya Alloh… Jagalah ia dikala penjagaanku tak sampai padanya, sayangi ia kala sayangku tak mampu merengkuhnya dalam dekapan nyata, muliakan ia kala penghargaanku tak terangkum dalam kata yang sahaja. Karena Engkau punya segala yang tak ku punya, dan karena ku inginkan ia selalu dalam kebaikan di dunia dan akhirat… Amin..

    Tangerang, 24 Nopember 2010

    ~oOo~

    Hampir setiap harinya diantara kita harus “menyebrang jalan”. Kalau dipikir-pikir kadang hidup juga tidak ubahnya seperti menyebrang jalanan. Kita harus pandai-pandai melihat peluang untuk menyebrang (mengambil sikap) sekalipun dalam kesulitan. Namun harus penuh kehati-hatian, salah mengambil keputusan bukan tidak mungkin celaka atau paling tidak ada yang mencaci kita

    Tangerang, 24 Nopember 2010

    ~oOo~

    Ulah Nuduh kanu jauh, ulah nyawang kanu anggang, nu caket geura raketan, nu deukeut geura deheusan, moal jauh tina wujud moal anggang tina awak, aya naon jeung aya saha ? tina diri sorangan. cirina satangtung diri. pek geura panggihan diri manehteh, ku maneh weh sorangan, ulah waka nyaksian batur saksian heula diri sorangan

    Tangerang, 23 Nopember 2010

    ~oOo~

    Walaupun kualitas cintaku belum sempurna, namun jika bersamamu semangat untuk menyempurnakan rasa cinta itu senantiasa ada

    Tangerang, 22 Nopember 2010

    ~oOo~

    Cinta akan datang kepada mereka :
    -yang masih berharap sekalipun pernah dikecewakan,
    -yang masih percaya sekalipun pernah dikhianati,
    -yang masih mencintaisekalipun pernah disakiti hatinya

    Tangerang, 21 Nopember 2010

    ~oOo~

    Kalau kita hanya mencari teman yang baik, maka diri kitapun tidak akan pernah menjadi teman yang baik bagi orang lain, karena teman yang baik itu tidak pilih-pilih mencari teman, jadilah teman yang baik buat teman-teman kita, tenpa terkecuali. Dan harus kita ingat pula, bahwa teman yang baik bukanlah membenarkan setiap perkataan temannya, melainkan berkata benar kepada temannya

    Tangerang, 20 Nopember 2010

    ~oOo~

    Sebuah komitmen kadang Harus Dijalin dengan Serius dan Cukup Dijalani dengan Santai

    Tangerang, 20 Nopember 2010

    ~oOo~

    Sadar ku belum bisa menciptakan solusi, dan setidaknya mudah-mudahan ku juga tak menciptakan masalah

    Tangerang, 18 Nopember 2010

    ~oOo~

    Ketika orang yang dekat dengan kita tidak menempatkan posisi yang jelas antara teman, sahabat, saudara angkat atau pasangan hidup terhadap diri kita. Maka, kita sendiri yang harus segera menempatkan diri kita sendiri dengan penuh kepastian, sebelum tidak ada lagi posisi yang cocok buat kita

    Tangerang, 17 Nopember 2010

    ~oOo~

    Ketika kita dalam posisi tertekan atau tersudutkan, maka cara apapun bisa jadi kita lakukan untuk mendapatkan kebebesan. Karena “cara apapun” itu tidak pernah jelas, maka jangan coba-coba buat orang lain tertekan atau tersudutkan

    Tangerang, 15 Nopember 2010

    ~oOo~

    Hidup penuh pilihan, dalam memilih harus ada yang dikorbankan. Kadang kitapun menjadi bagian dari pilihan, berarti kita harus siap pula memberikan pengorbanan. Pada setiap pilihan, kita harus mengambilkan kputusan, kalau tidak maka keadaan yang akan memilihkannya, sekarang mau milih sendiri atau keadaan yang memilihka…nnya ?, yang jelas resiko kedua-duanya ditanggung sendiri, hanya tingkat kepuasannya berbeda.

    Tangerang, 14 Nopember 2010

    ~oOo~

    Ingatlah bahwa di Internet kita berhubungan dengan sesama manusia, bukan cuma komputer ataupun handphone. Perlakukanlah orang lain sebaik perlakuan yang kita inginkan dari orang lain. Bisa juga dibalik, Perlakuan yang kita terima akan sepadan dengan cara kita memperlakukan orang lain

    Tangerang, 13 Nopember 2010

    ~oOo~

    Adil itu tidak seimbang, tetapi keadilan akan melahirkan keseimbangan. Adil itu memihak, memihak kepada kebenaran

    Tangerang, 12 Nopember 2010

    “Bukan membuat anak-anak belajar” TETAPI “Membuat anak-anak mau belajar”. DAN JUGA “Bukan mengajarkan mata pelajaran” TETAPI “Mengajarkan cara bagaimana mempelajari mata pelajaran”. Dengan prinsip “Jangan meminta anak2 hanya untuk mendengarkan, karena mereka akan lupa. Jangan membuat anak2 hanya memperhatikan, karena mereka hanya bisa mengingat, tetapi yakinkan mereka untuk melakukannya, pasti mereka mengerti”.

    Tangerang, 11 Nopember 2010

    ~oOo~

    Kalau mesti kaya dulu baru sedekah, maka seumur-umur kita tidak akan kaya. Tapi kalau sedekah yang didahulukan sudah pasti akan menjadi kaya.

    Tangerang, 10 Nopember 2010

    ~oOo~

    Ketika kita bisa membaca dan belajar dari setiap peristiwa hidup yang menimpa diri sendiri, maka itu adalah suatu anugerah yang indah. Dan ketika kita bisa menyikapi serta memaknai peristiwa yang menimpa kehidupan orang lain, maka itu adalah suatu keuntungan besar. Semoga kita menjadi orang yang beruntung dan berguna bagi sesama.

    Tangerang, 9 Nopember 2010

    ~oOo~

    Betapa besarnya nilai uang kertas senilai Rp.10.000 apabila dibawa ke
    masjid untuk disumbangkan, tetapi betapa kecilnya kalau dibawa ke Warnet
    untuk online.

    Betapa lamanya melayani Allah selama 15 menit, namun betapa singkatnya kalau kita online dalam rentang waktu tersebut.

    Tangerang, 8 Nopember 2010

    ~oOo~

    Untuk berpikir positif suatu perkara kadang kita juga harus memikirkan kemungkinan terburuk, berpikir positif bukan sekedar yakin bahwa semuanya akan berjalan baik-baik saja, tetapi juga berpikir bagaimana agar semuanya dapat berjalan dengan baik dengan memasrahkan hasil akhirnya kepada Alloh SWT… Wallohualam sobat, pendapat saya ini mungkin benar atau bahkan salah…

    Tangerang, 07 Nopember 2010

    ~oOo~

    Hal apapun yang sudah diawali dengan kebohongan maka prosesnyapun akan penuh dengan bumbu-bumbu kebohongan, dan hasilnyapun nol, sekalipun hasilnya sempurna tapi kesempurnaan itu hanya fiktif belaka. Dan kebohongan tidak bisa diakhiri dengan kebohongan lagi, harus diakhiri dengan kejujuran meskipun nyawa taruhannya…. Kebohongan akan melahirkan kebohongan, dan terus berantai seperti itu…

    Tangerang, 24 Nopember 2010

    ~oOo~

    Rasa kesal bukan berarti menghilangkan rasa cinta dan sayang, bahkan terkadang rasa kesal akan menjadi bumbu penyedap rasa cinta dan sayang itu sendiri… Karena kesal itu temporer sedangkan cinta dan sayang itu terus melekat.

    Tangerang, 29 Nopember 2010

    ~oOo~

    Dia tidak mendidiku untuk menjadi pribadi yang keras dan tangguh, dia tidak mengajarkan “kelau dipukul, ya membalas !”. Dia hanya bilang : “Ketika orang lain tiba-tiba meludahimu, maka jangan lekas marah, tapi lihat dulu dirimu… apa yang salah dengan dirimu sehingga orang lain meludahimu…?”. Thx mom… meskipun itu memang sulit tapi harus terus ku upayakan….

    Tangerang, 29 Nopember 2010

    ~oOo~

     

     

     

    Menunggu hikmah berikutnya……..

    Bagi sobat-sobatnya yang punya percikan hikmah silahkan dituangkan disini.

     

_______________________________________________________________________________

 

Comments
5 Responses to “HIKMAH”
  1. ummicucu mengatakan:

    Subhanallah, hikmah-hikmahnya sungguh berisi dan menggugah nurani.

    • Kang Javas mengatakan:

      Mudah-mudahan….. dapat bermanfaat dan terus memotivasi saya untuk terus dapat mengambil hikmah dari setiap peristiwa, trims ya sudah mampir ke rumah maya saya, jangan bosan-bosan untuk berkunjung kembali.🙂

  2. ummicucu mengatakan:

    Insya Allah,…

  3. usnia mengatakan:

    hiks,,hiks,, bagus,,,,

    mo dung,,,,,

    boleh Ka????

    • Kang Javas mengatakan:

      Boleh apanya nehhhh ?????😀😀😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: