Akhirnya, WikiLeaks Dibuat Tumbang


Sebagian dari kita yang penasaran isi dokumen kawat diplomasi Amerika Serikat di Indonesia yang dibocorkan oleh WikiLeaks sepertinya harus gigit jari. Pasalnya situs tersebut kini “dibunuh”.

Selain didepak oleh Amzon sang pemilik server yang disewa WikiLeaks, ternyata akses ke laman tersebut juga diputus oleh penyedia domain asal Amerika Serikat, yaitu EveryDNS.

Situs WikiLeaks sendiri sudah tidak bisa lagi diakses semenjak Jum’at siang (hari ini), 3 Desember 2010. Tidak hanya situs utamanya saja, sub-domain cablegate.wikileaks.org yang banyak memuat memuat informasi berupa kumpulan memo diplomatik bersifat rahasia atau terbatas juga ternyata tidak bisa diakses.

Peristiwa ini terjadi seiring dengan rentetan pembocoran dokumen-dokumen rahasia beberapa negara, terutama Amerika Serikat pada 28 Nopember 2010.

Dalam pesan di Twitter, pengelola WikiLeaks mengungkapkan bahwa akses ke laman mereka sudah diputus oleh pembuat domain asal AS, EveryDNS.net. “Domain Wikileaks.org dibunuh oleh everydns.net setelah mengaku menerima serangan massal. TETAP KUATKAN KAMI,” tulis pengelola WikiLeaks.

EveryDNS, Kamis malam waktu setempat, mengakui pemutusan akses ke domain WikiLeaks. Alasannya, seperti dikutip kantor berita Associated Press, telah muncul berbagai serangan yang mengancam stabilitas infrastrukturnya.

Berkaitan dengan kejadian tersebut, pihak WikiLeaks-pun tidak tinggal diam, mereka mencoba mencari tempat baru agar bisa terus beroperasi. Konon situs yang gemar mengungkap dokumen rahasia negara itu kini dihosting pada provider internet terbesar di Perancis. Berdasarkan informasi yang dimuat Gizmodo, Wikileaks kini diduga telah dihosting oleh OVH, yakni provider internet terbesar di Perancis sekaligus terbesar ke dua di wilayah Eropa.

Berdasarkan alamat ip yang didapat oleh Gizmodo yakni 91.121.133.41, bisa diketahui bahwa server tersebut berada di kota Roubaix.

Source : detik.com & vivanews.com

Comments
One Response to “Akhirnya, WikiLeaks Dibuat Tumbang”
Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] hari Jum’at tanggal 3 Desember 2010 kemarin, dunia internet dihebohkan dengan ditutupnya domain Wikileaks.org oleh oleh pembuat domain asal AS, EveryDNS.net dan diusir dari server milik Amazon. Para peretas […]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: