Software Untuk Tes Buta Warna (Made in Indonesia)


Istilah tes buta warna tentunya tidak asing lagi di telinga, terutama untuk kalangan-kalangan kedinasan atau lembaga pendidikan. Tes ini biasanya dilakukan seperti pada penerimaan CPNS (tertentu), taruna atau tamtama TNI/Polri, pendidikan seni rupa, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan tingkat kemampuan penglihatan.

Umumnya metode yang digunakan untuk tes buta warna adalah dengan metode tes Ishihara yang di ciptakan oleh dr. Shinobu Ishihara. Dokter mata biasanya memiliki buku Ishihara yang terdiri dari 38 gambar (38 plates) untuk diuji pada pasiennya. Nah, gambar-gambar ini lah yang dimasukkan ke dalam satu software untuk dijadikan sebagai software tes buta warna.

Kali ini, software yang dibuat oleh Samuel Pola Karta Sembiring adalah tes buta warna dengan metode Ishihara, tes singkat buta warna (8 gambar yang diambil dari koleksi buku Ishihara), dan tes buta warna dengan bentuk bangun dua dimensi.

Hasil tes dari software ini ada tiga. Yaitu normal, buta warna parsial dan buta warna total. Ketiga hasil ini bisa diperoleh dari pengujian terhadap 38 gambar metode Ishihara. Gambar nomor satu hingga 25 merupakan soal tebak angka. Seseorang dengan berpenglihatan normal harus menjawab normal dari soal nomor 1 hingga 17 dan soal nomor 22 hingga 25. Kecuali untuk nomor 18 hingga 21 hanya bisa dilihat dengan jelas oleh penderita buta warna. Soal nomor 26 hingga 38 adalah soal dimana seseorang harus melihat susuran garis pada gambar. Orang normal mampu melihat jalur garis pada soal nomor 26 hingga 38 kecuali nomor 27 dan 28 karena kedua gambar ini dapat dilihat jelas oleh penderita buta warna.

Untuk soal nomor 1 dan 38 seharusnya dapat dilihat dengan jelas oleh orang normal dan penderita buta warna parsial kecuali buta warna total. Jadi sebenarnya hanya dengan kedua gambar ini biasanya sudah bisa dibedakan antara penderita buta warna total dengan orang normal + penderita buta warna parsial.

Dengan diagnosis dari tiap soal yang telah dijelaskan diatas maka dapat ditarik penilaian dari hasil yang telah dijawab oleh peserta tes.


Wah… kreatif banget om Samuel,  Penasaran dengan software ini langsung ja ke TKP gan…

source : mrophostlab.com

Comments
4 Responses to “Software Untuk Tes Buta Warna (Made in Indonesia)”
  1. abi mengatakan:

    bagus om soft nya… download ahhhhhhhh

  2. kaixa mengatakan:

    ijin sedot gan😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: