Video Kondisi 33 Penambang Di Chile Yang Terjebak Pada 700 meter Di bawah Tanah dan Upaya Penyelamatannya


Penyelamatan atas 33 pekerja tambang di Chile yang terperangkap di bawah sejak awal Agustus sampai saat ini masih terus dilakukan.  Kabar gembira bagi 33 pekerja tambang di Chile, yang terkubur hidup-hidup selama lebih dari dua bulan. Tim penyelamat menyatakan siap untuk menarik mereka dari dalam tanah di pertambangan Atacama pada Rabu, 13 Oktober 2010 waktu setempat. Semua perlengkapan telah siap, termasuk perangkat medis. Untuk sobat yang penasaran dengan bagaimana kondisi mereka yang “terkubur” hidup-hidup dikedalam tanah 700 meter, berikut videonya :

Proses penyelamatan dari bawah tanah ke permukaan akan memakan waktu selama 20 menit per orang. Menteri Kesehatan Chile, Jaime Manalich, mengatakan bahwa mereka telah menurunkan perangkat khusus untuk memonitor detak jantung, pernapasan dan suhu kulit para pekerja.

Proses penyelamatan ini akan dilakukan setelah tim penyelamat menyelesaikan penguatan poros permukaan dengan pipa baja. Para pekerja akan ditarik ke atas satu persatu menggunakan sebuah kapsul yang akan berputar puluhan kali sampai ke permukaan.

Untuk mencegah mual ketika berputar, para pekerja itu akan diberikan kaus kaki kompresi dan cairan berkalori tinggi yang disumbangkan oleh NASA.

Kapsul penyelamat tersebut telah dilengkapi dengan sistem komunikasi dua arah dan sebuah kamera video sehingga tim penyelamat dapat memantau keadaan pekerja. Namun yang menjadi kekhawatiran besar adalah ketika pekerja diserang kepanikan.

Ini adalah pertama kalinya dalam beberapa minggu pekerja akan benar-benar sendirian,” ujar Manalich seperti dilansir dari laman harian The Guardian.

Manalich mengatakan bahwa dia telah berbicara dengan para pekerja tersebut malam sebelumnya dan mereka menyambut dengan baik rencana ini. Para pekerja tidak mempermasalahkan siapa yang akan ditarik lebih dulu. Bahkan menurut Manalich, beberapa pekerja berharap dapat ditarik paling akhir.

“Ini adalah sebuah gambaran solidaritas yang mengagumkan,” ujar Manalich kagum.

Rencana penyelamatan mereka yang jauh lebih cepat dari perkiraan ini langsung disambut meriah oleh para keluarga korban dan tim penyelamat yang menunggu di permukaan. Mereka bersorak dan menuangkan champagne untuk merayakannya.

Tim penyelamat di permukaan telah bersiap menyambut kedatangan para pekerja tambang. Mereka menyiapkan baju anti air warna hijau untuk melegakan kulit mereka ketika sampai di permukaan. Mereka juga akan menerima kacamata hitam dari Oakley agar tidak kaget melihat sinar matahari secara langsung. Para dokter, perawat, dan psikolog juga bersiap untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan mental mereka selama 48 jam setelah pekerja diselamatkan.

Terdapat 20 perusahaan yang berbeda yang berpartisipasi dalam proses penyelamatan. Daerah pegunungan itu juga semakin sesak ketika 2.000 orang wartawan datang untuk meliput proses penyelamatan.

Lubang antara permukaan dan tempat pekerja terperangkap sekitar 700 meter di bawah tanah akhirnya dapat dibuat setelah 65 hari mereka terperangkap. Pekerja tambang di bawah tanah menggunakan peledak untuk meluaskan lubang agar kapsul penyelamat dapat sampai ke bawah.

Berikut ini video  salah satu rencana dan upaya penyelamatan yang dilakukan pemerintah Chile :

Terus terang, salut banget dahhh… dengan upaya Pemerintah Chile !!

  • Source : vivanews.com
  • Courtesy : youtube.com
Comments
One Response to “Video Kondisi 33 Penambang Di Chile Yang Terjebak Pada 700 meter Di bawah Tanah dan Upaya Penyelamatannya”
  1. timbangan digital mengatakan:

    penyelamatan yang hebat..!bisa di contoh tuh..buat semua penambangan di dunia..nice share!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: