Punya Data-Data Kejahatan ?, Ungkapkan Saja Di WikiLeaks !.


Tahukah sobat, bahwa 91 ribu laporan rahasia yang menyangkut perang di Afganistan dari tahun 2004 sampai dengan 2010 bocor ?, laporan yang seabrek’ itu ditulis oleh para tentara dan petugas intelijen Amerika Serikat (AS)  yang isinya mendesrkipsikan aksi-aksi militer berbahaya yang dilakukan oleh pihak militer AS, selain itu juga mengandung informasi intelijen dan laporan berbagai pertemuan dengan figur politik. Bisa dibayangkan betapa pentingnya data-data tersebut. Dan hal tersebut sotak saja membuat negeri Paman Sam kebangkaran jenggot, bagamaimana tidak , data-data yang sedemikian penting dan sangat rahasia akhirnya bisa dibaca (bahkan didownload) oleh jutaan masyarakat didunia.

Tersebarnya data-data rahasia tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah berkat ulah sebuah website yang memiliki nama dan layout mirip dengan Wikipedia yaitu WikiLeaks. WikiLeaks beralamat (url) resmi di wikileaks.org, hal yang paling membedakan antara Wikipedia dengan WikLeaks adalah konten dari situsnya itu sendiri, jika Wikipedia cenderung berisi sebagai ensiklopedia online, maka lain halnya dengan WikiLeaks, dimana WikiLeaks dominan berisi dengan berbagai data-data yang bersifat rahasia baik negara maupun korporasi, sehingga tidak heran hadirnya WikiLeaks sering membuat kalangkabut pihak-pihak yang terusik atas data-datanya yang terpampang di WikiLeaks. Namun jangan salah, bahwa antara Wikipedia dan WikiLeaks tidak ada hubungan apapun.

WikiLeaks hadir sejak tahun 2007, awalnya merupakan bagian dari proyek The Shunshine Press yang didirikan oleh Julian Assange, mantan hacker Australia. Tidak sampai disitu, menurut kabar yang beredar kini WikiLeaks di-backup oleh sekitar 800 orang ahli teknologi (yang akan terus memantau dan memastikan agar sumber berita tidak terlacak), jurnalis, akademisi, aktivis, dan pengacara dari seluruh penjuru dunia yang menjadi relawan WikiLeaks. Bahkan penasehat hukumnya saja termasuk grup media semacam Associated Press dan LA Times.🙂

Nah sekarang kembali ke kita, bagi Anda yang memiliki data-data kejahatan yang jelas-jelas telah merugikan masyarakat luas, bangsa dan negara, kemudian ingin mengunkapkannya namun takut, kini tidak perlu lagi khawatir. Silahkan Anda masukan data-data tersebut, dengan catatan datanya akurat. Data yang Anda kirim akan diperiksa keasliannya oleh para relawan, setelah data-data tersebut terbukti otentik maka dat-data yang Anda kirimkanpun akan terpublikasi secara utuh tanpa sensor ataupun pengurangan/penambahan, pihak WikiLeaks akan menyembunyikan informasi-informasi sumbernya yang telah dienkripsi di dalam lapisan-lapisan data sampah untuk menyamarkan ukuran dan sumbernya, lalu mengirikannya melalui server-server mereka di Swedia dan Belgia. Kenapa di Swedia dan Belgia ?, asal Anda tahu bahwa hukum di Swedia “apabila mengungkap sumber berita dianggap kejahatan” dan hukum di Belgia “bahwa percakapan dengan jurnalis yang disadap tidak dapat diajukan ke pengadilan”. Hemmm😉 damailah sudah server WikiLeaks.

Tidak hanya sampai disitu, sebagai perlindungan tambahan, WikiLeaks meng-host datanya dibeberapa negara lain, salah satunya yang sangat memungkinkan adalah Islandia, dimana Assange sang pendiri WikiLeaks disebut-sebut telah mengandeng pihak legislator Islandia untuk merancang undang-undang kebebasan bersuara baru yang pakem.

Sepertinya cukup menarik jika diantara masyarakat Indonesia ada yang berani men-seubmit data-data  yang mengungkap korupsi-korupsi yang semakin merajalela di negara ini ! heheheee…😀😀😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: