Membangun Potensi Bisnis Yang Berbudaya Melalui Kekuatan Jaringan Komunitas Online


Bisnis, sebuah istilah yang begitu lekat dengan perekonomian, kesejahteraan, uang, kekayaan, relasi dan lain sebagainya yang memiliki nilai profit. Ketika seseorang mengecapkan sebuah kalimat yang berbunyi “bisnis”, maka yang terbayang dalam konotasi pemikiran kita secara mayoritas adalah sebuah kegiatan yang hanya dilakukan oleh kalangan tertentu yang berkantong tebal, memang hal tersebut bisa dianggap wajar dan maklum, karena masih sangat kecilnya obsesi dan motivasi masyarakat kita untuk menjadi seorang pebisnis. Hal ini dikarenakan oleh beberapa sebab, antara lain :

  1. Keterbatasan modal
  2. Kekurangan pengetahuan, dan ilmu yang dimiliki bukan terintregasi untuk menjadi wiraswastawan, melainkan pekerja
  3. Malu untuk berekspresi atau kemampuan diri
  4. Tidak punya niat dan semangat untuk menjadi pebisnis
  5. Cenderung lebih tertarik terhadap sesuatu yang instan
  6. Cepat puas dengan hasil yang dicapai
  7. Lebih tertarik untuk menjadi pekerja, ketimbang menjadi wiraswastawan, karena penghasilan yang jelas meskipun pas-pasan
  8. Tidak berani mengimplementasikan ide kreatif
  9. Takut untuk berspekulasi, dan
  10. Tidak memiliki pergaulan / komunikasi / relasi yang luas.

Dari ke 10 hal yang menjadi sebab orang cenderung enggan untuk memberanikan diri menjajal dunia wirausaha, adakah salah satunya yang menjadi bagian dari diri kita ?. Sederhananya kesepuluh sebab tersebut bisa kita solusikan jika salah satu diantara kesepuluh tersebut tersolusikan, yang manakah 1 diantara 10 tersebut ?, tepat sekali jawabannya jika menjawab nomor 10.

Tidak memiliki pergaulan, komunikasi, jaringan relasi, pertemanan, dan lain sejenisnya adalah masalah utama dalam membangun bisnis. Apa jadinya jika kita punya modal besar, pengetahuan yang luas, semangat yang tinggi, rencana yang matang namun tidak meiliki jaringan ? itu sama halnya dengan nol super besar. Sebaliknya, meskipun kita tidak punya modal, pengetahuan terbatas, semangat bisnis yang kendor, rencana yang tidak teratur dan berbagai kekurangan lainnya, itu semua sangat mungkin untuk “tidak jadi” hambatan jika jalinan komunikasi dan jaringan terbentuk dengan erat.

Jaringan yang luas tentunya harus pula disertai dengan misi yang sama dalam jaringan tersebut, sehingga jaringan yang ada betul-betul menjadi sebuah komunitas yang dapat memberikan efek positif terhadap bisnis yang kita geluti, berkaitan dengan hal tersebut maka kini telah lahir solusinya, Frigz !.

Apa itu Frigz ?

Sederhananya Frigz adalah merupakan situs jejaring sosial atau micro blogging semisal Facebook, Plurk, 12Frenz, Peoplestring, Pencerahanhati.com dan lain sejenisnya, hanya keistimewaan Frigz adalah terletak pada pangsa dan konsentrasinya, jika jejaring sosial lain fokus pada aktivitas pertemanan  bagi membernya dan profit sebanyak-banyaknya bagi founder website, maka di Frigz kita difokuskan pada dunia bisnis, yang akan membawa aktivitas pertemanan kita jauh lebih bermanfaat dan tentunya juga akan memberikan efek positif terhadap (minimal) pengetahuan bisnis (maksimal) kegiatan berbisnis. Hal ini mungkin bisa kita lakukan di situs jejaring sosial lain, tapi itu tidak akan seefisien dan semaksimal seperti di Frigz.com. Kenapa ? Berikut riviewnya;

HALAMAN UTAMA / BERANDA

Dibagian ini kita melihat tampilanan yang sederhana, user friendly, namun informatif dan elegan. Dengan background berwarna putih polos membuat pandangan kita tidak dibuat kabur dan pusing.

Pada bagian header terdapat beberapa pagebar yang sangat sesuai dengan kebutuhan kita untuk menunjang pertemanan dan bisnis tentunya. dibagian ini terdapat page Beranda, Undang, Komunitas, Find Friends, Top User, Forum, Galeri, Acara dan Klasifika, bergeser di sisi kiri layar pada header terdapat menu pencarian khusus Frigz.

Berada dibawah deretan pagebar terdepat barisan menu berikut sub menu. Menu dan submenu untuk melengkapi kebutuhan akun kita, yaitu Kabar Terbaru, Profil, Aplikasi, Teman dan Pengaturan Akun. Di halaman utama kita akun disambut dengan sapaan penjelasan singkat mengenai Frigz.com, tepat dibawahnya include sebuah video “bagaimana pola Frigz dalam memfasilitasi kita ?”. Tepat dideretan sisi kiri ke bawah terdapat daftar anggota member terbaru, menyusul dibawahnya dengan apik para  Top User dan Anggota Terpopuler. Beralih ke sisi kanan terdapat Statistik Jaringan situs yang terinci dengan lengkap dan “apa adanya”, turunkan pandangan, disitu terpampang siapa saja yang sedang online dan siapa saja yang baru online. Lengkap tapi tidak rumit !

PAGEBAR

1. Undang

Pada page ini kita disuguhkan sebuah halaman yang menyajikan sarana kita untuk mengundang teman-teman kita baik melalui akun jejaring sosial, massenger, maupun email.

Melalui halaman ini kita dapat mengundang teman kita di facebook, orkut, linkedin,  plaxo, hi5, myspace dan MSN Messenger (Untuk jejaring sosial dan messenger) dan juga mengundang teman-teman kita yang ada di Gmail, Yahoomail, Hotmail, AOL, Mac.com, fastmail.fm, inbox.com dan layanan email lainnya.

Sementara itu dibagian sub-page terdapat pending invites, statistic dan my reveral link, yaitu link teman-teman yang kita undang yang kemudian menjadi member di Frigz.com

2. Komunitas

Disini kita akan disuguhukan sebuah halaman yang berisi berbagai komunitas (grup) yang telah dibuat oleh member-member lainnya, dan tentunya semua member berhak untuk membuat komunitas-komunitas tersendiri. Karena konsentrasi Frigz yang fokus pada dunia bisnis, jadi secara otomatis komunitas yang hadirpun sebagian besar merupakan komunitas bisnis. Dikomunitas tersebut kita dapat mendiskusikan berbagai hal yang berkaitan dengan komunitas ataupun aktivitas kegiatan bisnis kita. Contoh sederhana, bergerak dibidang apa binsis yang anda geluti sekarang ? jasa instalasi warnet misalnya, nah disini anda dapat membuat komunitas “Warnet”, dengan adanya komunitas ini tentunya akan lebih memberikan ruang orang untuk lebih mengenal kita, khususnya yang berkaitan dengan warnet, dan… bersiaplah anda sebagai admin grup untuk merespon setiap member grup tersebut, semakin anda aktif tentunya akan semakin meningkatkan kepercayaan dan keyakinan member lain kepada anda, dan itu artinya “potensi”. Contoh lainnya, sebagimana komunitas yang sudah ada yaitu komunitas MLM Corner, disitu anda bertemu para member Frigz yang kompeten dan aktif dibidang MLM sehinggan kita dapat bertukar pikiran, ide dan tentunya berbagi peluang.

3. Find Friends

Pada bagian ini sebetulnya tidak jauh berbeda dengan halaman Undang.

4. Top User

Dihalaman ini terpampang dengan rapih para member yang paling ngetop dari urutan pertama hingga sebelas. Untuk menjadi top user kita diharuskan mengumpulkan point sebanyak-banyaknya, semakin kita aktif di Frigz, maka point yang didapatpun semakin banyak dan otomatis peluang untuk menjadi top userpun terbuka lebar. Point yang didapat bukan point tanpa arti, tapi dapat kita tukar dengan berbagai konten yang disediakan Frigz.

Hal terpenting dari halaman ini adalah pengaruhnya, ya ! semakin tinggi tingkat popularitas kita maka akan semakin dikenal oleh member yang lain, setidaknya orang pasti akan penasaran dengan profil kita. Apabila orang yang membuka profil kita memiliki karakter yang jeli dan mampu memberikan penilaian personality character tentunya akan memberikan nilai positif terhadap konsistensi kita, dan konsistensi merupakan sesuatu yang penting dalam dunia bisnis. Well… Anda dinilai positif, dan itu artinya Anda dapat dipercaya, dan itu… ???? Kesempatan !

5. Forum

Pada bagian ini tersedia beberapa ruang diskusi member, mulai dari sambutan “Selamat Datang” hingga sharing seputar dunia bisnis. Tanamkan betul dalam diri kita “Malu Bertanya Sesat Dijalan”, disini forum bisnis tapi Anda tidak diharuskan menjadi pebisnis terlebih dahulu, disini efektifnya adalah ruang yang dapat kita jadikan sebagai sarana belajar untuk menjadi pebisnis, dan sebagaimana saran saya tadi, jangan malu bertanya, buatlah orang-orang yang pintar di dunia bisnis tersebut mengamalkan ilmunya.

Di lembaran forum ini juga dibagi kedalam beberapa cluster content, selain bisa belajar bisnis disni juga disediakan ruang bagi para calon investor, investor dan pencari modal, penjual dan pembeli, pencari tenaga kerja dan pencari peluang kerja,  manajmen bisnis dan pemahaman aturan-aturan dalam bisnis, dan lain sebagainya.

6. Galeri

Anda punya foto seputar dunia bisnis anda ? atau mungkin juga foto-fotobiasa pribadi anda yang ingin ditunjukan kepada rekan-rekan Anda ? disinilah tempatnya, disini anda dapat berbagi cerita dan kisah melalui potret-potret yang Anda upload. Disini kita dapat menyampian tampilan grafis dari produk yang kita jual, kita tawarkan sebagai sampel penawaran terhadap para member yang siapa tau akan tertarik dan menjadi mitra bisnis kita. Tidak jarang halaman ini juga merupakan halaman kedua untuk beriklan secara interaktif selain di halaman Klasifika.


7. Acara

Salah satu peluang untuk mengepakan saya bisnis kita adalah aktif diberbagai kegiatan dan event, melalui event-event yang yang banyak digelar kita akan mendapatkan kesempatan untuk memasarkan produk kita jauh lebih luas, selain kita juga dapat mengetahui perkembangan global dan trend pasar yang sedang ramai.

Melalui halaman ini kita dapat berbagi informasi setiap event atau bahkan menjadi ruang bagi kita untuk mendapatkan informasi seputar acara yang berkaitan erat dengan bisnis, khususnya bisnis yang kita gandrungi.

Dengan sangat sederhana namun mudah dipahami, Frigz menyajikan informasi acara yang dibagi kedalam beberapa area (kota) yang untuk sementara lebih fokus di Indonesia, dan untuk kedepannya bukan tidak mungkin akan lebih go internasional. Acara yang ditampilkan akan diprioritaskan dengan bisnis dan aktivitas yang kita geluti.

8. Klasifika

Nah, dari beberapa pagebar yang tersedia di Frigz, inilah page yang paling istimewa. Kenapa istimewa ?, baik, berapa biaya yang harus kita bayar untuk beriklan disitus jejaring sosial (semisal Facebook) ? oke, tidak perlu disebutkan, yang jelas bayar, untuk beriklan di satu kolom iklan yang disediakan oleh jejaring sosial tersebut. Frigz sebagaimana semboyan yang diusungnya “Komunitas Bisnis Indonesia Online“, memberikan ruang khusus kepada kita untuk mempromosikan segala bentuk usaha dan bisnis dalam kata lain disebut “Iklan”, dan Anda tahu berapa biaya yang harus dibayar untuk beriklan ? Gratis !, ya di Frigz kita bebas beriklan di lembaran  iklan untuk mempromosikan segala bentuk bisnis kita.

Iklan yang tersajikan diurut secara temporery dengan dibagi kedalam beberapa kategori dan sub-kategori, hal ini tentunya memberikan kemudahan kepada para pengunjung untuk meng-index iklan atau promo yang dicari. Tidak hanya sampai disitu, iklan di Klasifika Frigz kita tidak beriklan lalu tinggalkan, tetapi kita dapat berinteraksi langsung dengan pengunjung iklan kita yang memberikan pertanyan ataupun komentar, dan ini akan lebih mempercepat proses transaksi atau kerjasama dengan calon mitra, disamping pengunjungpun dapat dengan lebih leluasa dan mudah untuk berinteraksi dengan Anda.

PROFIL

Setelah diatas saya uraikan review Frigz dari segi pagebar, sekarang kita bahas mengenai halaman profil beserta isinya. Pada halaman ini tentunya ibarat interaksi lingkungan, ini adalah rumah kita, pada bagian ini sebagaimana jejaring sosial lainnya tersaji dengan baik identitas tentang akun kita di Frigz, kita dapat menulis status, memberikan komentar, menyatakan suka terhadap status dan komen orang lain, mencari teman, berbagi foto dan lain sebagainya.

Kelebihan lain dari Frigz adalah pada lembaran profil kita layoutnya dapat diganti-ganti berdaasarkan pilihan tema yang tersedia,  tema yang disediakanpun menurut saya memiliki penampilan yang cukup menawan, simple dan tidak terkesan ribed atau terlalu rame .

Fitur lain yang semakin menunjang kita untuk berinteraksi adalah aplikasi chating, aplikasi ini terdapat dibagian pojok kanan bawah (dari posisi kita), sama halnya dengan jejaring sosial lainnya, aplikasi ini juga sekaligus sebagai indikator teman kita yang sedang online. Jika merasa kurang puas dengan ruang chatting yang ada, kita dapat masuk ke Aplikasi > kemudian klik Chat, maka akan terbuka halaman chatting yang lebih leluasa bisa berinteraksi lebih dari 2 orang (conference) atau nge-grup bersama teman-teman.

Tidak hanya sampai disitu, dibagian kanan halaman profil ada deretan informasi statistik mengenai akun kita seperti berikut (statistik akun saya sampai tanggl 19 Juli 2010, pukul 13.22) ;

Statistik Member

Statistik Member (Kang Javas)

KORELASI  BISNIS DAN BUDAYA DI FRIGZ.COM

Dengan uraian riview diatas sudah cukup jelas kenapa harus memilih Frigz sebagai media komunitas jejaring sosial berbasis dunia bisnis. Namun ternyata banyak hal yang jauh lebih mendasar mengani peran Frigz sebagai wadah Komunitas Bisnis Indonesia Online.

Hal yang sering diabaikan oleh kita bersama mengenai kekuatan bisnis dinegara kita ada dua hal, yaitu budaya dan komunitas online. Dogma budaya yang sering didentikan dengan kebiasaan masyarakat kita yang masih sangat tradisional kadang sering membuat seolah-olah antara budaya bangsa kita dengan teknologi informasi (khsusunya komunitas online) merupakan sesuatu yang kontradiktif.

Prinsip yang sederhana untuk menciptakan sebuah peluang adalah “Memadukan  sesuatu yang kontradiktif untuk melahirkan kekuatan baru”. Demikian halnya dengan budaya dan teknologi. Ada satu karakter yang melekat pada budaya bangsa kita yang diwariskan secara turun temurun, yaitu gotong-royong. Gotong royong sendiri telah lama kita pahami sebagai sebuah karakter bangsa yang harus dipertahankan, gotong royong sebagai simbol persatuan dari kemajukan memang belakangan ini sudah semakin luntur, hal ini seiring dengan derasnya westernisasi yang secara tidak langsung telah mendoktrin kita kedalam pola hidup yang individualis, hedonis dan pragmatis, dan fatalnya lagi kita banyak dibuat terkecoh oleh teknologi sebagai senjata westerenisasi luar.

Sebagai bangsa yang berkarakter budaya gotong royong, sudah saatnya dan seharusnya kita kembali membangkitkan itu, namun tetap up to date terhadap perkembangan teknologi, khususnya komunitas online.

Kembali ke Frigz.com, sebagai situs Komunitas Bisnis Online yang dikembangkan sendiri oleh bangsa Indonesia, Frigz dengan segala kelebihan pada fitur-fiturnya patut dijadikan wadah kita bersama untuk bersinergi (bergotong royong) yang dimulai dengan jalinan komunikasi yang kuat, hangat dan penuh kekeluargaan untuk mewujudkan semangat entrepreneur masyarakat Indonesia, menuju Indonesia yang sejahtera, makmur dan bermartabat. Gotong royong adalah budaya sekaligus senjata kita untuk memajukan dunia bisnis Indonesia yang dapat kita implementasikan di komunitas online, sarananya kini sudah tersediakan di Frigz.com, sekarang tinggal kitanya punya kemaun atau tidak ?, kalau punya tunggu apa lagi, langsung bergabung di Frigz, jangan lupa add Kang Javas🙂 .

Sumber source gmabar : http://www.frigz.com

Download artikel ini dalam format PDF :

Membangun Potensi Bisnis Yang Berbudaya Melalui Kekuatan Jaringan Komunitas Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: