Tuangkan Ide Kreatifmu di Indigo Fellowship 2010


Kabar bagus dan positif buat sobat. Sobat punya ide kreatif seputar teknologi digital tapi bingung ngungkapinnya ?, mau mengembangkan idenya tapi tidak punya modal ?. Tidak perlu bingung lagi…. karena sekarang Indigo Felowship 2010 sudah resmi dibuka dan diluncurkan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia, sebagai kelanjuan dari ivent-ivent Indigo di tahun-tahun sebelumnya. Tuangkan idemu segera, dan dapatkan hadiahnya beserta dana bantuan untuk mewujudkan idemu lebih dari 50 juta rupiah. Berikut uraian singkat seputar Indigo Fellowship 2010.

Apa yang dimaksud dengan INDIGO?

INDIGO merupakan inisiatif TELKOM Group dalam rangka memfasilitasi para pelaku industri kreatif di Indonesia, khususnya industri kreatif digital. Diharapkan, para pelaku industri kreatif digital dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan TELKOM Group dalam meningkatkan valuenya dan pada gilirannya akan memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia.

Apa saja yang dimaksud dengan Industri Kreatif Digital?

Kreatif Digital adalah industri atau karya kreatif yang disuguhkan dalam format digital, dan sifatnya merupakan internet content, broadband content, dan/atau wireless content (GSM, CDMA, dll). Contoh: games online, animasi, musik, edukasi, website kreatif, aplikasi untuk mobile, atau aplikasi online lainnya.

Fasilitas apa saja yang disediakan oleh INDIGO?

Pertama adalah berupa Grant, atau fasilitas berupa cash money kepada siapa saja yang memiliki idea kreatif dan dianggap layak untuk diberika fasilitas guna pengembangan idea dimaksud.

Kedua adalah berupa in kind atau fasilitas berupa layanan layanan gratis dari TELKOM Group dalam rangka mengembangkan idea kreatif.

Ketiga adalah fasilitas pendampingan dan mentoring dari para pakar di bidangnya dan akan ditunjuk oleh TELKOM Group sesuai dengan bidang industri kreatif yang sedang dikembangkan.

Keempat adalah fasilitas keikutsertaan pada seminar, workshop, dll yang berhubungan dengan industri kreatif baik lingkup nasional maupun internasional.

Kelima adalah fasilitas penggunaan fasilitas learning center, worskhop center, dan sebagainya yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Misalnya penggunaan broadband learning center.

Apakah INDIGO Fellowship ?

Ini adalah salah satu program utama INDIGO, dimana TELKOM Group akan melakukan seleksi terhadap individu atau kelompok yang memiliki ide dan karya kreatif. Hasil seleksi akan menentukan siapa saja yang akan memperoleh reward berupa capital / modal dan fasilitas in kind lainnya dalam rangka mengembangkan ide yang sudah di sampaikan sebelumnya.

1. Indigo Creations

Pemilihan pemenang Indigo Fellowship 2010 dilakukan berdasarkan kriteria penjurian sebagai berikut :

  1. Marketability, bahwa karya kreatif yang dipilih harus memiliki kelayakan bisnis untuk diimplementasikan, berpotensi menghasilkan revenue, menekan cost of product, serta menghasilkan keuntungan secara ekonomi.
  2. Product Originality, bahwa karya kreatif harus kreatif, mengembangkan cara / metode baru untuk menghasilkan karya dan innovatif, menemukan karya / produk baru yang belum pernah dikembangkan orang lain serta tidak melanggar hak cipta.
  3. Positive Impact bahwa karya kreatif harus berdampak maksimal kepada masyarakat, sosial, seperti pengentasan kemiskinan, menekan pengangguran, memperbaiki issue deskriminasi gender, tidak mengandung SARA, dan pornografi, dll.
  4. Personality bahwa peserta yang mengikuti kompetisi memiliki kompetensi dibidang digitalpreneur, mampu mengelola sumber daya untuk membangun industri, dan mampu mengembangkan networking / kolaborasi yang kuat untuk mendorong suksesnya karya digital

Kategori Kompetisi Indigo Fellowship 2010:

  1. Ritel / Konsumer, adalah karya digital baik berupa content atau aplikasi yang ditujukan atau bermanfaat khususnya bagi masyarakat ritel / end consumer
  2. Small & Medium Company  adalah karya digital dalam bentuk aplikasi atau content yang ditujukan atau bermanfaat khususnya bagi pelanggan Usaha Kecil Menengah ( UKM)
  3. Enterprise adalah karya digital dalam bentuk aplikasi atau content digital yang ditujukan / bermanfaat khususnya bagi pelanggan enterprise.
  4. Rural / Maritime adalah karya digital dalam bentuk aplikasi atau content yang ditujukan / bermanfaat buat pengembangan masyarakat pedesaan atau masyarakat pesisir pantai.

Peserta yang dinilai memiliki karya kreatif terbaik dalam program Indigo Fellowship 2010 ini berhak mendapatkan apresiasi berupa :

  • Dukungan dana untuk inisiasi bisnis mencapai Rp 50 juta
  • Produk / layanan dari TELKOMGroup
  • Mengikuti mentoring digitalpreneurship oleh para pakar di bidangnya.
  • Karya pemenang berpeluang untuk dikembangkan bersama TELKOMGroup menjadi produk content dan aplikasi yang siap dipasarkan ke pelanggan TELKOMGroup.
  • Sertifikat.

2. Indigo Fellows

Pemilihan pemenang Indigo Fellow 2010 dilakukan berdasarkan kriteria penjurian sebagai berikut :

  1. Kreatif, menunjukkan kreatifitas yang tinggi dalam berkarya dan berinovasi di bidang industri digital.
  2. Passion, mempunyai integritas, kemauan, dan keuletan dalam menggeluti dunia industri digital sehingga mencapai kesuksesan yang diakui oleh publik
  3. Originalitas, bahwa karya karya yang dihasilkan merupakan hasil karya yang benar benar baru / belum pernah dipublikasikan dan diciptakan oleh orang lain, tidak merupakan plagiat karya orang lain.
  4. Social Impact, karya yang dihasilkan mempunyai dampak positif terhadap kemajuan sosial / masyarakat khususnya dalam memajukan industri digital.
  5. Business Impact, bahwa karya karya yang dihasilkan mempunyai dampak positif terhadap bisnisnya sehingga akan menjadi produk yang dapat dinikmati oleh pelanggan.

Kategori Indigo Fellow 2010 :

  1. Tokoh kreator, adalah tokoh yang banyak menghasilkan karya karya digital yang bermanfaat bagi masyarakat maupun industri digital
  2. Tokoh Creativepreneur, adalah tokoh yang mampu dan berhasil dalam mengembangkan usaha / bisnis di industri digital
  3. Tokoh Pendorong, adalah tokoh baik dari kalangan pemerintah, asosiasi, mapun swasta yang banyak berkiprah dan mempunyai integritas dan dedikasi yang tinggi dalam rangka mendorong, memotivasi, dan memajukan industri digital di tanah air.
  4. Tokoh Akademisi, adalah tokoh dari kalangan akademisi yang banyak berkiprah, dan berdedikasi dalam memotivasi dan mendorong tumbuhnya industri digital business.

Sedangkan peserta yang dinilai layak menjadi fellow / tokoh bagi pengembangan industry digital creative pada Indigo Fellow 2010 akan mendapatkan apresiasi berupa

  • Uang cash sebesar Rp. 10 juta
  • Produk / layanan TELKOMGroup
  • Tropy dan Sertifikat

Ketentuan-ketentuan

Bagaimana cara ikut serta dalam INDIGO Fellowship?

Dengan mengisi formulir registrasi yang disediakan www.fellowship.plasaindigo.com. Yang paling penting adalah menyertakan judul / tema ide, serta menuliskan abstraksi dari idea tersebut secara singkat dan jelas. Selanjutnya TELKOM Group akan melakukan seleksi internal sampai dengan batas waktu yang sudah ditentukan.

Siapa saja yang berhak ikut serta ?

Seluruh warga negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia, yang memiliki ide kreatif digital baik individu maupun secara kelompok.

Kapan akan diumumkan peraih fellowship?

Akhir bulan Nopember 2010, diumumkan disini dan media lainnya.

Bagaimana cara meng-insert gambar dalam form?

Untuk memasukkan gambar silahkan gunakan kode [img]url gambar[/img],

contoh [img]http://fellowship.plasaindigo.com/application/views/themes/default/images/indigo-nation.gif[/img]

Referensi dan Info Lebih Lanjut Silahkan Klik

www.fellowship.plasaindigo.com

Comments
14 Responses to “Tuangkan Ide Kreatifmu di Indigo Fellowship 2010”
  1. mantap,,,makasih infonya,,,salam hangat,,,

  2. erwinaziz mengatakan:

    Kang Javas….
    apakabar?

    • Kang Javas mengatakan:

      Alhamdulillah baikkkkkkkkk….. eh ia, pa kabar jua nehhhhhh… sory ya aq lama ga mampir-mampir….🙂

      • erwinaziz mengatakan:

        alhamdulillah…. kabar ane sehat….

        gpp, kang…
        yang penting silaturahmi kita tetap terjalin, benar begitu kan??

        ane juga jarang mampir kesini…:mrgreen:

  3. fajar mengatakan:

    info yang mantabz sob…thanks

  4. Dunia Organic mengatakan:

    selamat berkompetisi kreatif dalam ajang
    INDIGO merupakan inisiatif TELKOM Group

  5. Dadot mengatakan:

    Sebenarnya ini kesempatan bagus, namun fokus saya sementara ini masih belajar saja dulu.

  6. new ptc mengatakan:

    Mantap juga tuh, ternyata TELKOM peduli pada kreativitas anak bangsa, acungan cempol deh buat telkom…

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] selengkapnya: Tuangkan Ide Kreatifmu di Indigo Fellowship 2010 « KANG JAVAS Tags: bahwa-karya, berpotensi-menghasilkan, Bisnis, dilakukan-berdasarkan, dipilih-harus, indigo, […]

  2. […] selengkapnya: Tuangkan Ide Kreatifmu di Indigo Fellowship 2010 « KANG JAVAS July 4, 2010 at 11:29 am by admin Category: BisnisTags: bahwa-karya, […]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: