FILM AVATAR CETAK REKOR PENJUALAN DVD


Rekor anyar kembali ditorehkan film Avatar, setelah menahbiskan dirisebagai film terlaris sepan jang masa pada saat tayang di bioskop, kini Avatar mencetak rekor lain. Ketika dijajakan dalam bentuk kepingan cakram DVD maupun blu-rays, Avatar mencatatkan penjualan yang mencengangkan .

Dalam waktu empat hari saja, film besutan James Cameron itu telah ludes terjual hingga 6,7 juta keping. Rekor itu memecahkan rekor yang dulu pernah digenggam film sekuel Batman, The Dark Knight, dua tahun lalu.

Seperti dilansir laman BBC News edisi Rabu (28/4), kepingan cakram film sci-fi tiga dimensi itu mulai dirilis di Amerika Serikat 22 April.Selama rentang itu Avatar tercatat telah terjual 4 juta keping DVD, serta 2,7 keping dalam bentuk blu-rays. Total pemasukan dari penjualan kepingan cakram itu ditaksir menembus 130 juta dolar AS.

Di daratan Inggris saja keping cakram Avatar telah mulai dijajakan di sejumlah toko sejak Senin (26/4) waktu setempat. Ketika pintu toko baru dibuka, tulis BBC, para penggila Avatar langsung berjejal, mengular hingga larut malam. Pihak perusahaan rekaman, 20th Century Fox, menyebutkan bahwa pencapaian besar yang diraih Avatar itu juga menempatkannya sebagai kaset film dengan penjualan tercepat pada format Blue-ray.

Sukses besar dari jualana kepingan cakram Avatar ini juga tak lepas dari strategi promosi yang dijalankan. Pihak perusahaan rekaman mengaku secara khusus merilis kepingan cakram ini, saat semua pihak terfokus memperingati Hari Bumi.

‘Avatar’ sendiri merupakan film yang juga berusaha memotret persoalan lingkungan. Utamanya tentang ketamakan manusia terhadap egonya hingga dengan begitu mudahnya merusak alam.

Cerita Avatar dimulai pada 2154, saat Jake Sully (Sam Worthington) mengalami cedera kaki (kelumpuhan) akibat perang di bumi. Ia kemudian terpilih dalam program Avatar. Avatar merupakan program pembuatan mahkluk yang mirip Na’vi sehingga memungkinkan Jake bisa kembali berjalan.

Film epik ini digarap juga dengan begitu apik secara visual. Peran Sam Worthington yang memainkan Jake Sully digambarkan mengalami konflik batin dan terhimpit pada dua persoalan; menyelesaikan tugasnya atau menyelamatkan warga Na’vi yang terancam musnah.

Selain menyimpan kritik terhadap ketamakan manusia terhadap alam, dalam urusan berbisnis, film ini juga sangat tokcer sebagai mesin pencetak uang. Pada Januari lalu `Avatar’ berhasil mengokohkan statusnya sebagai film dengan pemasukan terbanyak.

Diperkirakan film itu berhasil meraup hingga 1,843 miliar dolar AS, sementara anggaran film itu `hanya’ 300 juta dolar AS. Pemasukan yang besar itu sekaligus menggeser film Cameron terdahulu, Titanic (1997), yang juga berstatus sebagai film terlaris sepanjang masa.

Lalu dari panggung festival, film ini juga tergolong piawai untuk memikat hati sejumlah dewan juri. Meski kurang beruntung di Academy Awards, film ini sebelumnya dijagokan sebagai film yang paling banyak dinominasikan namun hanya mampu merebut predikat visual efek, sinematografi dan pengarah seni terbaik.

Ref : Republika

Comments
3 Responses to “FILM AVATAR CETAK REKOR PENJUALAN DVD”
  1. Andri mengatakan:

    Blognya keren.. Ikutan kontes review gugling.com aja mas kali aja beruntung dapet samsung corby.. Infonya di gugling.com

  2. Ariehime mengatakan:

    Ceritanya bagus, sih. Cuman saya agak kurang sreg sama penggambaran makhluk Pandora/na’vi nya. Mestinya wajah dan tubuhnya lebih aneh lagi. Ini sih, masih ‘human’. Terlalu banyak kemiripan sama manusia. kesannya malah kayak suku indian. Mestinya makhluk luar angkasa kan lebih unik, jangan cuma ditambah ekor, tambah lagi misalnya sayap, atw tangannnya delapan, kan pasti lebih keren, hehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: