MEMILIH JAKET PEMOTOR


Bagi para bikers, mengenakan jaket ketika memacu kendaraan sangat lah dianjurkan. Selain berfungsi melindungi badan dari terpaan angin atau debu, jaket juga bisa menjaga pakaian agar selalu bersih dan segar sampai di tempat kerja.

Namun, untuk mendapatkan fungsi maksimal sebuah jaket, pengendara perlu mengenali dan mengetahui keunggulan jenis-jenis bahan sebuah jaket. Umumnya, jaket motor didesain khusus agar bisa melindungi pengendara, tidak seperti jaket biasa yang sering dipakai sehari-hari.

Saat ini banyak tersedia jaket di pasaran. Ada yang berbahan kulit, parasut, levis/kain, hingga sintetis.

Bahan-bahan ini memiliki kelebihan masing-masing :

Jaket berbahan sintetis, misalnya memiliki keunggulan tahan terhadap terpaan angin. Maksudnya, jaket ini mampu menahan angin sehingga nyaris tidak tembus ke badan. Bahan jaket yang terbuat dari perpaduan kulit dan bahan lubrikan ini juga lebih mudah dibersihkan dan pas dikenakan pada malam hari. Namun, jaket ini tampaknya kurang cocok untuk digunakan di siang hari, terutama saat matahari terik. Karena bahan sintetis tidak memiliki daya serap keringat.
Ada juga jaket berbahan parasut atau rain coats. Jaket yang banyak dike nakan pengendara motor ini memiliki sifat kedap air dan sangat cocok dike nakan di musim hujan maupun di kondisi dingin. Selain melindungi tubuh dari siraman air, bahan parasut mudah dibersikan dan tidak menimbulkan bau.

Dari sekian banyak bahan jaket, yang paling digandrung oleh para bikers, adalah jaket kulit. Selain kuat, mereka yang memakai jaket ini juga terlihat lebih gagah dan stylish. Untuk para penunggang yang gemar touring, memakai jaket kulit sangat dianjurkan, karena memiliki banyak kelebihan.

Jaket kulit sangat cocok dikenakan baik ketika cuaca panas (siang) maupun saat kondisi dingin (malam).
Jaket yang tidak tembus angin ini juga memiliki daya serap keringat yang baik. Kelebihan jaket kulit lainnya, dan ini sangat penting, adalah mampu meminimalisasi dan memberikan perlindungan bagi anggota tubuh ketika terjadi kecelakaan.

Sama seperti yang lainnya, jaket kulit juga punya kelemahan. Yaitu sulit dicuci/dibersihkan dan cepat menimbulkan bau, karena terbuat dari kulit. Jenis jaket ini biasanya sering dipakai para pembalap atau klub sepeda motor.

Namun, apa pun bahannya, pengendara disarankan agar memilih jaket yang berwarna terang atau model yang dapat memantulkan cahaya. Ini penting agar mudah dilihat oleh pengendara yang lain, terutama pada malam hari atau situasi gelap/kabut.

Sumber Ref : Republika

Comments
One Response to “MEMILIH JAKET PEMOTOR”
  1. Team Ronggolawe mengatakan:

    Berkunjung menjalin relasi dan mencari ilmu yang bermanfaat. Sukses yach ^_^ Salam dari teamronggolawe.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: