HIDUP ADALAH ………..


Hidupa adalah kompetisi, sedari awal kita telah dihadapkan pada sebuah persaingan, dimanaAllah telah menjadikan kita sebagai pemenang atas saudara-saudara kita yang sama-sama dari gumpalan sperma bapak kita. Selamanya hingga akhir khayat kita, kita akan dihadapkan pada persaingan, hadapilah persaingan itu untuk sesuatu yang baik dengan cara yang baik, karena hanya dengan cara yang baiklah kebaikan dapat tercapai.

Hidup adalah perjuangan, dalam sebuah kompetisi mau tidak mau kita harus berjuang, jika kita tidak mau berjuang berarti kita sudah berkubang pada kesia-kesiaan yang akan membawa kita ke pusara kehinaan. Hadapilah perjuangan itu dengan ilmu, iman dan ikhsan agar kita punya bekal/senjata dalam berjuang, karena berjuang tanpa bekal adalah sebuah kebodohan dan kesia-siaan. Dari rahim kita berjuang untuk lahir, dari lahir kita berjuang untuk bergerak, kita berjuang untuk merangkak, berjalan, berbicara, belajar, berpikir dan menafkahi, lalu apalagi yang kita takuti dalam berjuang ?. Allah bukan untuk ditakuti tapi untuk dicintai, karena rasa takut akan membawa kita ke keterpaksaan. Dan perjuangan yang terpenting adalah mengalahkan hawa nafsu kita.

Hidup adalah kesempatan, dalam perjalanan hidup kita Allah telah memberikan banyak kesempatan yang tidak akan mampu kita hitung, berapa banyak waktu yang kita sia-siakan ?, berapa banyak waktu yang kita manfaatkan ?, berapa banyak tenaga yang kita salah gunakan ?, berapa banyak tenaga yang kita manfaatkan ?, kita telah membuang kesempatan yang banyak dan itu artinya kita sama dengan menyerahkan setengah atau bahkan seluruh kemenangan yang kita perjuangkan kepada nasib, sedangkan nasib yang baik tidak akan datang sebelum kita berusaha.

Hidup adalah pilihan, dalam setiap kesempatan ada pilihan, mana yang akan kita pilih ?, setiap yang kita pilih tidak akan berefek nol, semuanya ada konsekuensi, akibat, dampak dan lain sejenisnya. Ketika kita sudah menetukan pilihan maka kita harus siap dengan segala konsekuensinya.

Hidup Adalah Tanggung Jawab, ketika kita dihadapkan pada konsekuensi atas pilihan kita, maka disinilah kita dihadapkan pada sebuah pertanggungjawaban, kita harus bertanggungjawab atas pilihan yang kita ambil. Dari sini kemudian akan lahir pilihan kembali, karena antara pilihan, konsekuensi, dan tanggung jawab adalah sebuah segitiga kehidupan yang akan terus berputar. Dalam pertanggung jawaban itu kita dihadapkan pada pilihan bertanggungjawab atau tidak, dan dari pilihan itu lahirlah kembali konsekuensi. Lari dari tanggung jawab sama artinya kita loncat ke lubang yang hina dan terus hina, menghadapi tanggung jawab artinya kita akan hina kemudian menjadi mulia atau bahkan mulia dan menjadi  mulia.

Hidup adalah anugerah, syukurilah, jalanilah, nikmatilah  dan isilah hidup ini dengan sesuatu yg bermanfaat untuk umat manusia, alam, lingkungan, agama, dan tentunya diri kita sendiri. Ketika anugerah yang diberikan tidak dipergunakan secara positif maka bersiaplah hidup ini menjadi musibah (Naudzubillah).  Lakukanlah yang terbaik karena waktu tidak akan berulang.

Hidup adalah hari ini, kalaulah hari kemarin tidak kita jalanai dengan baik maka jalanilah hari ini dengan segala kebaikan, karena hari esok kita belum tentu menemuinya. Waktu yang akan datang hanyalah setumpukan rencana dan harapan, tidak bisa dijanjikan atau dipastikan, kalau memang rencana itu yang bisa dikerjakan saat ini maka lakukanlah sekarang, karena waktu tidak akan pernah menunggu kita, ia akan terus berjalan tanpai henti tidak peduli kita berjalan atau lari, tidak peduli kita santai ata tergopoh-gopoh. Kita tidak mungkin mendahului waktu tapi minimal kita bisa sejajar dengan waktu.

Hidup adalah Belajar, begitu banyak lintasan waktu yang telah kita lewati, namun waktu masih saja didepan kita, kita akan terus berjalan selama waktu terus bertambah bagi waktu itu sendiri dan berkurang bagi diri kita, waktu tidak membatasi dirinya, tapi waktu telah membatasi kita dan membagi fase kehidupan kita dalam berbagai ruang hitung waktu yang terus berganti, itulah siang dan malam; senin, selasa dan seterusnya. Setiap ruang waktu yang kita lewati dan singgahi banyak hal yang kita lakukan dan rasakan, kadang berbeda-beda suasananya kada hampir-hampir sama. Lalu, pernahkah kita berpikir atas segala yang terjadi dan yang kita lakukan tersebut ?, nah disitulah kita dituntut untuk belajar, untuk berpikir atas segala kejadian dialam semesta ini. Hasil dari berpikir atau belajar tidak hanya disimpan didalam kepala semata, ia harus dituangkan melalui perbutan kita. Singkatnya, hari-hari yang telah berlalu adalah pelajaran buat kita, hari ini adalah saatnya mempraktekan hasil belajar dari hari lalu, dan hari esok adalah harapan atas apa yang kita perbuat sekarang.

Hidup adalah saling melengkapi, setiap diri kita sudah Allah bekali dengan segala Hardware dan Software yang tidak bisa diciptakan oleh siapapun kecuali Allah. Kemudian diantara kita ada yang mampu memanfaatkan itu semua dengan baik dan itulah yang disebut kelebihan, dan yang tidak bisa memanfaatkan itu semua dengan baik , maka nampaklah kekurangan. Berbicara kekurangan dan kelebihan idealnya hanya cukup diruang lingkup manusia saja, karena kita tidak mungkin bisa membandingkan diri dengan pencipta kita dan tentunya kita tidak mau juga dibandingkan dengan binatang atau dengan sesuatu yang kita buat. Berangkat dari kekurangan dan kelebihan itulah kita dituntut untuk saling melengkapi karena banyak hal (tidak terhitung) yang tidak mungkin bisa kita lakukan sendiri karena kapasitas kita yang terbatas dengan 1 kepala beserta otak sebagai isinya, 2 mata, 2 lubang hidung, 2 telinga, 1 mulut, 2 tangan, 2 kaki dan lain sebagainya. Tapi percayalah bahwa Allah telah menciptakan kita dengan sangat sempurna diantara ciptaan-ciptaan-Nya yang lain.

Hidup adalah petualangan, hidup terkadang diibaratkan perjalanan ditengah hutan yang terkadang kita dihadapkan pada berbagai rintangan, belitan akar, terjalnya bebatuan, jurang yang menganga disana-sini, namun yang namanya dihutan sebetulnya banyak sesuatu yang bisa kita makan hanya mungkin karena kitanya saja yang tidak tahu. Demikiannya dengan kehidupan ini, banyak tantangan yang harus kita lewati, dan pada tantangan-tantangan tersebut tidak jarang dibumbui kesenangan. Semua yang kita hadapi pasti akan berlalu keculi kalau kita menyerah padanya dan Allah menentukan lain, namun sudah selayaknya kita berpikir positif atas petualangan yang kita lewati.

Sobat, banyak hal yang orang persepsikan tentang hidup, kadang persepsinya sama atau bahkan kadang sangat jauh berbeda, begitu juga dengan postingan saya diatas, mungkin ada yang sependapat atau bahkan jauh berbeda. Banyak persepsi tentang hidup yang semuanya mungkin ada penjabarannya, namun karena kapasitas saya yang terbatas mungkin hanya itu yang bisa saya post, satu hal terkahir tentang hidup menurut saya;

Hidup adalah ibadah, kita mungkin punya persepsi masing tentang hidup, namun menurut saya ketika keidupan dihadapkan pada ibadah adalah harga mati. Kita tidak bisa mendikotomikan bahwa ibadah cukup hanya dengan ritual semata, hakikatnya ibadah adalah menuntun kita dalam berbuat kebaikan, ketika kita berbuat baik terhadap sekitar, sesama, lingkungan maka pada perbuatan tersebut sebetulnya mengandung nilai ibadah. Ritual adalah ibadah pokok, namun penyempurna nilai-nilai ibadah pokok tersebut adalah kebaikan dalam hidup, ketika kita berpikir dan berbuat buruk dalam hidup maka kita telah menjadikan hidup adalah dosa, dan ketika kita berpikir dan berbuat baik dalam hidup maka setiap kebaikan kita telah bernilai ibadah. Soal pahala, kita tidak bisa menghitung berapa derjatanya, karena itu adalah hak preogatif Allah yang tidak bisa dicurangi, namun yakinlah bahwa Allah Maha Segalanya.

Artikel ini tidak bermaksud mengguri atau mengajari, artikel ini adalah justru pertanda bahwa saya masih butuh pembelajaran tentang hidup, oleh karena itu saya sangat berterimakasih sekali kepada semua pihak yang mau berbgai pelajaran tentang hidup dan/atau sebagainya.

Comments
4 Responses to “HIDUP ADALAH ………..”
  1. sulaiman mengatakan:

    Tulisan yang bagus sebagai bahan renungan, semoga kita lebih bijak dalam menjalani kehidupan ini.

  2. erwinaziz mengatakan:

    Salam Kenal Kang Javas…^_^
    ‘saling ingat mengingatkan & saling nasehat menasehati dalam kebaikan’
    Tulisan yang bagus… #thumbsup#

  3. iin syah mengatakan:

    manfaatkan hidup selagi kita hidup,…slm kenal🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: