NOSTALGIA ALUMNI ITB DALAM FILM "BAHWA CINTA ITU ADA"


Novel Gading-Gading Ganesha karya Dermawan Wibisono telah diangkat ke layar lebar. Film dengan judul 3G (Gading-Gading Ganesha) Bahwa Cinta Itu Ada ini diprakarsai oleh para alumnus ITB yang tergabung dalam Ganesha Creative Industry Group. Sesuai dengan novelnya film ini bercerita tentang enam anak muda berasal dari daerah berbeda yang berjuang keras saat kuliah di ITB.

Keenam anak tersebut adalah Slamet dari Trenggalek (Ariyo Wahab), Poltak dari Pematang Siantar (Restu sinaga), Ria dari Padang (Eva Asmarani), Benny dari Jakarta (Rizky Hanggono), Gun Gun dari Ciamis (Denis Adiswara) dan Fuad dari Surabaya (Alex Abad). Mereka digambarkan sebagai karakter mahasiswa ITB yang selalu bersama dengan menjunjung tinggi idealisme. Tak lupa ada konflik percintaan ala anak kampus yang turut mewarnai kisah ini.

Menurut Dermawan Wibisono, yang merupakan jebolan ITB juga, awalnya novel dibuat untuk memperingati ulang tahun ITB ke-50 yang jatuh pada tahun ini. Tapi kemudian para alumni ITB tersebut mengembangkannya untuk mengangkat kisah dalam novel tersebut kedalam layar lebar.

Film tersebut disutradarai  Sujiwo Tejo, yang nota bene pernah mengenyam kuliah di ITB juga. “Saya sangat tertantang untuk terlibat di film ini, karena kisah ini berbeda dari yang sudah ada. Meskipun saya mendapat kebebasan untuk mengemas cerita ini, tapi saya akan mengutamakan kualitas, agar film ini dapat diterima secara luas,” ujar seniman nyentrik yang juga dalang ini dalam acara syukuran film ini di kantor Ikatan Alumni ITB, Jakart pada tanggal 1 September 2009.

Dalam acara tersebut juga sempat dituturkan, film yang menelan dana 6 miliar rupiah ini adalah sebagai bentuk sumbangsih para alumnus untuk industri perfilman Indonesia, dan berharap film ini bisa memberikan nuansa yang berbeda dari film-film nasional yang ada saat ini.

Film ‘Bahwa Cinta Itu Ada’ membangkitkan nostalgia para alumni ITB. Mereka ramai-ramai mendatangi bioskop di Yogjakarta untuk menonton film tersebut

Film ‘Bawa Cinta Itu Ada’ besutan Sujiwo Tejo itu memang mengisahkan kehidupan mahasiswa Institut Tehnologi Bandung era 80an. Tak hanyal berbagai opini dan kenangan keluar dari mulut mereka dengan membandingkan realita mahasiswa ITB di era itu.

Sekitar 100 alumni ITB nonton bareng film yang dibintangi Ariyo Wahab itu di Plaza Ambarukmo setelah Rakernas Ikatan Alumni (IA) ITB di Hotel Inna Garuda, Yogyakarta Sabtu (6/3/2010). Mereka pun banyak bercanda saat film sedang diputar. “Siapa tuh yang nasibnya kayak Slamet?” celetuk seorang alumni.

Azhar, salah satu alumni Teknik Geologi ’90 mengatakan memang begitulah anak ITB. Multi etnis dengan berbagai latar belakang sosial yang berbeda. “Ada yang kerjanya belajar, yang glamor, sampai yang tukang demo,” ujarnya.

“Beneran lho, tahun 89 memang ada beberapa anak ITB di DO karena suka demo seperti tokoh Fuad,” lanjut Azhar.

Menurut Azhar, novel dan film itu menceritakan soal imej anak ITB yang cerdas namun untuk urusan cinta kurang romantis. “Kalau malam minggu, asrama itu sepi. Bukan pada apel, tapi kabur. Takut ketahuan jomblo,” pungkasnya seraya tertawa.

Disalin dari :

Comments
One Response to “NOSTALGIA ALUMNI ITB DALAM FILM "BAHWA CINTA ITU ADA"”
Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] Nah, film ketiga adalah BCIA yang saya sebutkan di atasi. Film ini bercerita tentang enam anak muda berasal dari daerah berbeda yang berjuang keras saat kuliah di ITB. Keenam anak tersebut adalah Slamet dari Trenggalek (Ariyo Wahab), Poltak dari Pematang Siantar (Restu sinaga), Ria dari Padang (Eva Asmarani), Benny dari Jakarta (Rizky Hanggono), Gun Gun dari Ciamis (Denis Adiswara) dan Fuad dari Surabaya (Alex Abad). Mereka digambarkan sebagai karakter mahasiswa ITB yang selalu bersama dengan menjunjung tinggi idealisme. Tak lupa ada konflik percintaan ala anak kampus yang turut mewarnai kisah ini (sumber dari sini). […]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: