CARA PASANG VIDEO DI SIDEBAR WORDPRESS.COM


Satu lagi sedikit pengalaman yang coba saya tuangkan pada blog saya ini yaitu mengenai cara pemasangan video pada sidebar atau widget pada blog sobat-sobat khususnya untuk  wordpress.com. Trik ini awalnya saya  coba-coba di blog saya, dengan dipenuhi rasa penasaran dan harap-harap cemas akhirnya berhasil juga. Mungkin trik ini sudah tidak asing lagi sobat-sobat yang sudah lebih dulu tahu, oleh karena itu saya mohon maaf jika apa yang sampaikan ada kesalahan dan mohon untuk diluruskan, sekalipun memang sudah banyak yang tahu  saya rasa tidak ada salahnya saya posting disini karena saya juga yakin masih banyak sobat-sobat yang mungkin ingin melakukan hal yang sama, yaitu memasang video pada sidebar blog sobat.

Untuk lebih jelasnya berikut saya coba paparkan caranya sebisa saya :

  • Ketik judul video yang akan sobat pasang di wordpress-nya pada kolom search seperti yang ditunjukan panah gambar diatas.
  • Klik video yang dirasa  sesuai dengan yang sobat maksud.

  • Klik MORE pada “post” jika tanda wordpress tidak tersedia dikolom post.

  • Klik ikon “WordPress“.

  • Isi kolom WORDPRESS USERNAME dengan username sobat di wordpress, isi URL dengan alamat blog/situs sobat, isi WORDPRESS PASWORD dengan pasword wordpress sobat. Kemudian klik POST !

Jika POST sudah berhasil, itu artinya dihalaman utama blog/situs sobat sudah ada video yang sobat POST, Nah langkah selanjutnya loginlah ke blog wordpress sobat.

  • Setelah login masuklah ke DASHBORD
  • Klik SUNTING TULISAN, klik SUNTING pada postingan  terakhir di blog sobat yang berisi postingan video tadi.
  • Klik HTML (di samping VISUAL), Copy semua script HTML yang ada.
  • Klik PINDAHKAN KE TONG SAMPAH jika ingin membuang postingan video sobat dihalaman utama, tapi jika tetap ingin memposting video tersebut  halam utama maka biarkan saja, lanjut kelangkah berikutnya ;
  • Klik WIDGET, tariklah widget TEXT ke baris sidebar.
  • Paste-kan  script yang telah sobat copy tadi.
  • Kemudian aturlah ukuran “Width” dan “Weight” pada script tersebut untuk menyesuaikan ukuran kolom video pada blog sobat. Sebagai gambaran diblog saya ukuran width = 140 dan weigth = 170.
  • Klik SIMPAN !

Proses pemasangan video sudah selesai, sekarang coba bukalah blog anda !

Demikian sedikit pengalamn yang coba saya share, semoga apa yang saya tuangkan disini dapat bermanfaat dan mohon maaf jika ada kekurangjelasan atau kesalahan ! Terimakasih….

SEMOGA BERHASIL !!!

Comments
18 Responses to “CARA PASANG VIDEO DI SIDEBAR WORDPRESS.COM”
  1. yulianto470 mengatakan:

    Mas mau tanyak cara pasang orang yg sedang online di blog kita gimana y mas.

  2. yulianto470 mengatakan:

    Mas mau tanyak cara pasang orang yg sedang online di blog kita gimana y mas. Khusus wordpress mas. Ku masang sering g bisa mas maunya script html java script g mau

  3. Red mengatakan:

    mantap juga kang tutorialnya

  4. asaloy mengatakan:

    kang,untuk mengubah ukuran tampilan pada playlist/video yg ada di sidebar wordpress gmn kang…?
    liat py aq:www.asaloy.wordpress.com

  5. A.J.I mengatakan:

    thanks brooo,…infonya bermanfaat

  6. Maulana Mufti mengatakan:

    mas, gimana kalau videonya itu selain alamat di atas, misalkan kita punya alamat video sendiri, gimana caranya??

  7. ANDRIF.COM mengatakan:

    Artikel menarik, yang penasaran dan yang blum pernah mencoba. mendingan dicoba saja. Good Artikel Nice🙂

  8. Wahidin mengatakan:

    makasih mas infonya…. keren….. tapi agak binun juga…heheheh maklumlah new bie. >.<

    • Kang Javas mengatakan:

      Sama-sama sob… mudah-mudahan bermanfaat, mohn maaf kalau ada kesalahan atau kekurangannya…🙂

  9. pakaisaja mengatakan:

    aku sudah pasang tapi kok mo jalanin di blog kgk bisa di play gitooooo
    thank ya

  10. sangpenjelajahmalam mengatakan:

    Thanks

  11. memulaibisnisinternet mengatakan:

    pengalaman pribadi memang lebih mantap jika diposting…salam…

  12. Alfenta mengatakan:

    Mas untuk ukuran vidio bisa di kecilin gak??
    Penuh juga nih kalo pake ukuran sebenarnya..

    Thanks ya infonya

Tinggalkan Balasan

