Download Buku : Kamus Bahasa Sansekerta


Bahasa Sanskerta adalah salah satu bahasa Indo-Eropa paling tua yang masih dikenal dan sejarahnya termasuk yang terpanjang. Bahasa yang bisa menandingi ‘usia’ bahasa ini dari rumpun bahasa Indo-Eropa hanya bahasa Hitit. Kata Sansekerta, dalam bahasa Sanskerta Saṃskṛtabhāsa artinya adalah bahasa yang sempurna. Maksudnya, lawan dari bahasa Prakerta, atau bahasa rakyat.

Bahasa Sanskerta merupakan sebuah bahasa klasik India, sebuah bahasa liturgis dalam agama Hindu, Buddhisme, dan Jainisme dan salah satu dari 23 bahasa resmi India. Bahasa ini juga memiliki status yang sama di Nepal.

Posisinya dalam kebudayaan Asia Selatan dan Asia Tenggara mirip dengan posisi bahasa Latin dan Yunani di Eropa. Bahasa Sanskerta berkembang menjadi banyak bahasa-bahasa modern di anakbenua India. Bahasa ini muncul dalam bentuk pra-klasik sebagai bahasa Weda. Yang terkandung dalam kitab Rgweda merupakan fase yang tertua dan paling arkhais. Teks ini ditarikhkan berasal dari kurang lebih 1700 SM dan bahasa Sanskerta Weda adalah bahasa Indo-Arya yang paling tua ditemui dan salah satu anggota rumpun bahasa Indo-Eropa yang tertua.

Khazanah sastra Sanskerta mencakup puisi yang memiliki sebuah tradisi yang kaya, drama dan juga teks-teks ilmiah, teknis, falsafi, dan agamis. Saat ini bahasa Sansekerta masih tetap dipakai secara luas sebagai sebuah bahasa seremonial pada upacara-upacara Hindu dalam bentuk stotra dan mantra. Bahasa Sanskerta yang diucapkan masih dipakai pada beberapa lembaga tradisional di India dan bahkan ada beberapa usaha untuk menghidupkan kembali bahasa Sanskerta. Sisi lain yang paling menonjol adalah bahasa Sansekerta, yaitu kata atau kalimatnya sering dijadikan sebagai semboyan pada beberapa lambang instansi pemerintahan dan swasta, termasuk lambang Negara Indonesia.

Disini saya muat kamus sansekerta tersebut dalam bentuk e-booknya yang saya dapat dari sebuah forum, pemuatan kamus sansekerta dalam blog saya ini hanya bersifat menambah khasanah ilmu pengetahuan saja. Dan bagi anda yang berminat dan merasa tertarik dapat mendownloadnya di link berikut ini, dengan harapan semoga kita menjadi lebih tahu mengani salah satu bahasa nenek moyang kita :

DOWNLOAD KAMUS BAHASA SANSEKERTA

Iklan
Comments
83 Responses to “Download Buku : Kamus Bahasa Sansekerta”
  1. Ridwan Sumantri berkata:

    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Terima kasih atas penyediaan kamus Sansekerta. Saya izin download karena, saya membutuhkan pencarian bahasa sansekerta. Jazakumullohu khoiroo.

    • Kang Javas berkata:

      Wa’alikumsalam….. iya mas dipersilahkan, mudah-mudahan bisa bermanfaat. Terimakasih ya sudah mampir ke “rumah maya” saya. Insya Allah nanti saya berkunjung balik, semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Amiiin….

  2. Pandu Sarsito berkata:

    Assalamu’alaikum wr. wb.
    saya izin unduh pak, untuk menambah ilmu saja pak..
    terima kasih banyak atas kamus bahasa nya..
    sukses selalu pak..

  3. arie subastian berkata:

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Mohon ijin untuk download kamus sansekertanya pak…

    Terima kasih,
    Wassalamualaikum Wr. Wb.

  4. sigit berkata:

    =sallamalaikum=
    mas java, mohon ijin donlod kamus sanskerta nya ya, terimakasih banyak, sangat membantu
    =wasallamualaikum=

  5. deddy s berkata:

    ass wrwb..mohon ijin kang…saya mo dwnload kamus bhs sunda sansekerta.kebetulan saya dapat khasanah bahasa sunda.dari gunung sepuh:kosmonologi sunda.ada tdk yah? bhs yg di maksud,…makasih kang?

  6. puguh berkata:

    ASS. makasih kang kamusnya saya ikutan unduh buat tambah-tambah wawasan

    • Kang Javas berkata:

      Ok dehhhh….. mudah-mudahan bermanfaat, buat sobat-sobatnya juga terimakasih ya sudah mampir kemari…. jangan sungkan-sungkan tuk mampir kembali, mohon maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan 🙂

  7. anton hpt berkata:

    minta ijin buat unduh kamusnya..
    makasih berguna buat nambah wawasan

  8. edy berkata:

    kang,saya minta ijin donlod kamusnya…………

  9. kaw berkata:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Ijin download

    jokam y??

    Ajkh

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  10. nurul asri berkata:

    izin download, mas.

  11. wnri berkata:

    Ijin unduh ya bwt mudahin kalo ada perlu n trims.

  12. nino berkata:

    assalamu alaikum….. kang mas…. aku nyuwun pangapunten ngunduh kamus…..
    matur nuwun …

  13. jimmy purba berkata:

    Mohon ijin utk download Kamusnya,ya mas.
    Terima kasih atas datanya

    salam

  14. Dikevandaiks berkata:

    Mohon ijin unduh ya pa
    makasih

  15. yoe berkata:

    Minta ijin buat mengunduh kamusnya mas, bermanfaat banget buat menambah wawasan untuk mengenal bahasa kita dulu. Terima kasih.

  16. Arhy berkata:

    Assalamu Alaikum, sy minta ijin untuk mendownload kamusnya mas, saya mau nyari arti nama saya. Trims.

  17. dewi berkata:

    Mas,

    Nyuwun ijin nderek download Kamus Sansekerta.

    Menawi Kamus Basa Jawi kagungan mboten nggih?

    Suwun

    • Kang Javas berkata:

      Sam-sami.. Mangga teh….. mudah-mudahan tiasa nambihan ilmu urang sadaya. Heuheuheuuu… puyeng euyyyy 🙂 Sukses deh mbaaaa…

  18. Katam berkata:

    Kang Javas,..sim kuring bade nyungkeun widi bade nga-download kamus…hatur nuhun.

  19. Uwes Furqon berkata:

    Ngiring ngunduh Kang, hatur nuhun.
    Wassalam

  20. Danu Wijoyo berkata:

    Kang Javas
    Mohon diberi ijin untuk mendownload kamus Sanseskerta

    Terima kasih Kang sebelumnya

  21. fafay berkata:

    izin sedot bang,…

    makasih untuk buat kamusnya

  22. segarapatigeni berkata:

    minta ijin buat nyimak pak,om,mas…cukup menarik nih bahasanya

  23. joko berkata:

    ASSALAMUALAIKUM……
    MATUR NUWUN GEH PAK… MUGI ALLOH PARING WALESAN INGKANG SAE…
    WASSALAMUALAIKUM…

    • Kang Javas berkata:

      Walaikum salam…… hatur nuhun parantos nyumpingan kana ieu blog, sajaba nu aya didieu mugia tiasa manfaat kangge urang sadaya. Sukses kanggo anjeun sobat…. 🙂

      Heheheheeeeee

  24. bene berkata:

    terima kasih untuk boleh mengunduh kamus ini.

    • Kang Javas berkata:

      Sama-sama sobat… ya mah cuma sekedar posting, yang paling berjasa itu penulis & penyusun ebook-nya.

  25. anton berkata:

    Assalamualaikum,
    terima kasih telah diijinkan untuk mendownload kamus ini, tetapi dalam kamus ini saya tidak menemukan kata “mayapada”, apakah kata tersebut juga bagian dari bahasa sansekerta? dan apa arti kata tersebut, mohon keterangan n penjelasannya.

    terima kasih atas perhatiannnya
    wassalam

    • Kang Javas berkata:

      Walaikumsalam…

      Wah mas kalau soal isi, saya sendiri kurang begitu paham. Karena saya hanya memposting link downloadnya saja dengan harapan dapat berbagi khasanah ilmu pengetahuan, yang mana e-book ini sendiri sudah begitu banyak beredar di internet. Selebihnya itu merupakan karya dari penyusunnya, yang mudah-mudahan mendapatkan keberkahan dari Tuhan YME atas karya-karyanya.

      Namun menurut keterangan yang saya dapat dari Wikipedia. Mayapada adalah suatu kerajaan kahyangan yang dipimpin oleh Bathara Guru. Di situ ada wakilnya yang bernama Bathara Narada. Mereka berdua memimpin dan menyuruh dewa atas kehendaknya. 🙂 Mohon maaf kalau saya tidak dapat membantu lebih jauh 🙂

      Wassalam

  26. Galih Reksa berkata:

    Ngiringan ngadownload kang.

  27. I Made Rincim Astawa berkata:

    ikut nyedot juga

  28. Bachtiar berkata:

    nuwun sewu….

    setelah sy lihat kamusnya, ternyata ini bukan kamus Sansekerta – Indonesia.
    Yang betul adl kamus bahasa Jawa Kuno atau bahasa Kawi ke bahasa Indonesia.

    btw, terima kasih sy ijin donlod.

    • Kang Javas berkata:

      Wah kalau soal isi saya tidak faham persis…. bossss… cuma majang ! 😀 😀 dijudul covernya Kamus Bahasa Sansekerta ya saya tulis aja begitu adanya. Heheheheheeeeee……. 😀

  29. Yudianar berkata:

    mohon ijin Pak,saya mau unduh kamus bahasa sansekerta nya…

    Tims

    (Yudi)

  30. mas awan berkata:

    kang,,,ijin download
    semoga bermanfaat dan menjadi amal bagi akang
    tararengkiyu

  31. Binda Kharismarina Widowati berkata:

    assallamualaikum..kang javas..saya ijin download yaaa..saya mo cari nama untuk anak saya..makasih sebelumnya..semoga bermanfaat

    • Kang Javas Underconstruction berkata:

      Walaikumsalam….. ya mudah-mudahan ketemu nama yang baik dan cocok, yang membawa keberkahan. Forward thx to Penulis dwehhh 🙂

  32. roso berkata:

    ngapunten….. kang
    bade nderek download kamus
    mugi-mugi pikantuk keberkahan
    saking kang moho kuasa

  33. Nyoman Jaya kusuma berkata:

    Mohan ijin download kang ,

  34. yonie berkata:

    Assalamualaikum

    Mohon ijin mas untuk mengunduh kamusnya..terima kasih sebelum dan sesudahnya..suwun

    Wassalamualaikum

    Yonie

  35. Rahmawan berkata:

    ijin download ya..
    terima KASIH

  36. mega berkata:

    ass…

    mohon ijin mengunduh kamusnya…..matur nuwun…..

  37. djana berkata:

    ass
    mas tolong bilangan enam, delapan dan sembilan dalam bahasa sansekerta
    terimaksih

  38. Mindarto berkata:

    AWB,

    Kang Javas,
    Mohon ijin mengunduh kamusnya.

    Atur nuhun,

    WWB.

  39. ige berkata:

    matur nuwun sampun angsal download…

  40. kang jabriz berkata:

    asslmkm…hapunteun.mohon izin untuk down load dan bantuannya untuk menerjemahkan dlm bahasa sansekerta “mata air sumber kehidupan” atas perhatian sy haturkan terimakasih……

    • Javasland Underconstruction berkata:

      Waduh kalau soal penerjamahan saya kurang faham gan, sayamah cuma posting file PDF-nya aja… 😀 Sory ya gann…

  41. fajar berkata:

    ikut download jg gan…..

  42. masgim berkata:

    izin download ya mas… makasih

  43. Ch. Dono berkata:

    Ijin Sedot Gan..mangsi banget….nama aGan sama ama nama anak ku yang ke 3…Javas

    • Javasland Underconstruction berkata:

      Ok gan monggo… wihihiiiiiii…… sama toh ??? Cerdik ya anaknya ???… sukses selalu gannn… 🙂

  44. Qie berkata:

    aslm,
    izin unduh ya mas,, hatur nuhun ^^

  45. buluq berkata:

    Kaka, ijin unduh ya.
    Oia, ada unduhan yang mengenai tata bahasanya tidak ka?

  46. mahfud berkata:

    wah thanks bgt….
    aq mang lagi cari kamus ini…

  47. darjikasmir berkata:

    wow ini dia sumber referensi buat belajar kata2 sangsekerta dalam berbagai buku indonesia..
    MATUR SEMBAH NUWUN JURAGAN

  48. Yuliantoro berkata:

    Terimakasih terimakasih sangat banyak atas informasinya ini sangat berguna bagi saya. semoga mendapat kebaikan dari Allah

  49. Budiyanto berkata:

    Terima kasih banyak atas kamusnya.

  50. mochamad anwar berkata:

    makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: