Tips Untuk Yang Mau Membuka Usaha Warnet


Saat ini tingkat pertumbuhan penggunaan masyarakat terhadap internet terus menunjukan grafik yang menaik. Dengan semakin meningkatnya tingkat kebutuhan masyarakat tentunya juga semakin memberikan peluang kepada kita untuk membuka usaha, dan salah satu usaha yang paling menjanjikan di bidang internet yaitu membuka usaha jasa penyediaan fasilitas koneksi internet, atau yang lebih dikenal Warung Internet (Warnet).

Namun, sebelum kita memutuskan membuka usaha warnet ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, anggaplah kita sebagai orang yang betul-betul tidak tahu mengenai usaha warnet ini.

Sebelum membaca lebih lanjut, perlu diketahui saya bukanlah pengusaha warnet, tips-tips yang coba saya rangkum berikut ini merupakan hasil penilaian, pengkajian dan pemahaman dari beberap warnet yang kebetulan beberapa diantaranya proses pendiriannya turut melibatkan saya. Dan artikel ini difokuskan kepada yang mau membuka usaha warnet, bukan untuk warnet yang sudah berjalan (meskipun tidak menutup kemungkinan ada nilai tambah untuk itu).

Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membuka usaha warnet dengan asumsi sobat sudah “Siap Bajet (Budget)”, antara lain :

LAYANAN INTERNET SERVICE PROVIDER  (JARINGAN)

Sebelum sobat menetukan tempat untuk membuka usaha warnet, hal yang terpenting adalah menentukan layanan ISP yang digunakan. Meskipun tempatnya strategis, tidak ada pesaing, tapi jika daerah tersebut tidak bisa dilayani oleh ISP yang sobat pilih maka percuma saja.

Sebagai contoh saat ini layanan ISP yang paling umum untuk warnet adalah Speedy dari Telkom, karena selama ini Speedy masih dianggap paling mudah dan murah dalam proses aktivasinya. Hingga saat artikel ini diposting, Teknologi Speedy masih bergantung sepenuhnya pada jaringan telepon kabel Telkom, jadi secara otomatis untuk menggunakan jaringan Speedy sobat harus memiliki jaringan telepon terdahulu. Namun meskipun demikian tidak berarti bahwa jika ada jaringan telepon, lalu bisa pula dilayani Speedy.

Jaringan telepon yang bisa dilayani Speedy hanyalah jaringan yang tersedia DSLAM, yaitu sebuah alat yang berfungsi menggabungkan dan memisahkan sinyal data dengan saluran telepon yang dipakai untuk mentransmisikan data, peralatan ini terletak di ujung sentral telepon terdekat. Berfungsi juga sebagai multiplexer. Perangkat ini merupakan sebuah syarat dalam pengimplementasian jaringan internet Speedy. Selain itu DSLAM memiliki kuota terbatas hanya untuk beberapa nomor telepon, jadi siapa cepat dia dapat, dan kalau kuota DSLAM-nya habis berarti sobat harus menunggu hingga ada penambahan DSLAM baru.

Selain DSLAM yang habis atau bahkan belum ada, hal yang mengakibatkan tidak bisa terlayaninya kebutuhan internet sobat oleh Speedy adalah karena jarak yang jauh dari tempat sobat  ke sentral telepon terdekat ( biasanya lebih dari 5 km ) dan jaringan telepon yang sudah penuh.

Jadi kesimpulannya, sebelum menentukan tempat untuk usaha warnet, sobat hubungi terlebih dahulu pihak ISP yang akan sobat pilih, apakah tempat yang sobat pilih sudah bisa terlayani dengan baik atau belum.

TEMPAT

Nah, selain masalah jaringan, kita juga harus memperhatikan tempat, tempat yang dipilih antara lain sebagi berikut :

  1. Strategis, so pasti… ini tidak bisa ditolak, jangan memilih tempat dikawasan berlalu-lintas cepat, usahakan daerah tersebut ramai dilalui orang namun yang melaluinya dengan tingkat kecepatan rendah, lebih bagus ramainya yang jalan kaki, sehingga orang bisa dengan mudah mengenali warnet kita.
  2. Areanya merupaka pusat konsentrasi kegiatan masyarakat.
  3. Tingkat persaingan rendah, atau kalau bisa tidak ada pesaing
  4. Pasang identitas pengenal, misal banner atau baligo
  5. Tempat yang aman, baik untuk pengunjung maupun untuk kita
  6. Parkir yang mudah dan luas (disesuaikan dengan kuantitas klien).
  7. Ruangan yang sejuk.
  8. Kalu sobat mau memilih antara lesehan atau pakai kursi, saran saya adalah pake kursi. Kenapa ?, dengan lesehan klien jarang mampu bertahan lama, dengan lesehan klien lebih cepat merasa pegal, dan ketika pegal ia tidak dapat menggerakan badan secara leleuasa terutama dibagian kaki yang terus-terusan ditekuk. Berbeda dengan duduk diatas kursi (apalagi korsinya empuk), pelanggan akan lebih leluasa dalam memposisikan badannya, sehingga secara otomatis ia merasa lebih kerasan.

PERANGKAT HARDWARE & SOFTWARE

Semakin baik dan semakin terbaru perangkat yang digunakan, maka akan memiliki nilai tambah untuk menarik minat pelanggan.

  1. Jika sobat punya modal cukup saya sarankan untuk menggunakan perangkat dengan sfesifikasi terbaru (misal Windows 7) untuk yang mau menggunakan windows. Hal ini memang tidak menjamin menarik minat pelanggan, karena bergantung kepada kemampuan pengoperasian pelanggan, namun untuk ukuran jangka panjang sepertinya untuk beberapa waktu kedepan perangkat sobat tidak ketinggalan zaman. Hal terpenting selain dari itu adalah gunakan yang original.
  2. Jika difokuskan pada game online, maksimalkan fungsi perangkat yang mendukung untuk game online, mislanya buang semua aplikasi/software  yang tidak mendukung game online (biasanya untuk keperluan office), tambahkan speaker yang memiliki kualitas cukup baik, biasanya para gamer lebih senang menggunakan speaker ketimbang headset. Tidak perlu disekat, selain menghemat biaya, juga akan mempermudah komunikasi antar gamer satu tim diwarnet sobat.
  3. Kalau memilih fokus pada warnet untuk browsing maka kenyamanan betul-betul kuncinya, dan itu berarti fitur-fitur untuk keperluan browsing yang harus dilengkapi. Saran saya tidak perlu menggunakan speaker, pilih saja headset dan tambahkan webcam dan printer warna. Selain itu antar klien harus disekat untuk memberikan nilai privasi yang berdampak pada kenyamanan.
  4. Kalau sobat memilih untuk melayani keduanya, baik game online maupun browsing, saran saya tempatnya dipisahkan (misal lantai 1 & 2), hal ini untuk menjaga kenyamanan pengguna browsing. Tapi kalaupun itu dirasa sulit, dengan tersedianya headset saya rasa sudah cukup untuk menutupi suara bising speaker para gamer. Kemudian atur hak-hak pengunjung berdasarkan aktivitasnya di warnet sobat melalui server billing. Misal, untuk gamer ia tidak dapat membuka browser, mendownload dan membuka USB Flashdisk/kabel data. Dan untuk pengunjung yang mau browsing, selain berhak membuka browser ia memiliki hak untuk membuka USB Flahdisk/kabel data dan juga mendownload. Tentunya dengan penerapan kebijakan tarif yang berbeda.
  5. Gunakan deepfreeze untuk melindungi komputer sobat agar pengunjung tidak dapat menginstal ataupun meremove aplikasi dikomputer sobat.
  6. Gunakan software-software yang original / legal, selain untuk menjaga perangkat sobat agar tetap prima juga untuk antsisipasi bilamana ada razia, selain itu juga merupakan bentuk kesadaran kita sebagai masyarakat yang taat hukum. Tidak semua software legal itu mahal, karena sekarang sudah banyak software-softaware opensource yang bebas pakai tanpa nilai profit namun berkualitas tinggi, termasuk billing.

Demikian sobat sedikit pengalam yang dapat saya share, saya akui tips ini jauh dari kata cukup apalagi sempurna, masih banyak hal-hal yang dapat menjadi info tambahan untuk sobat yang mau membuka usaha warnet, oleh karena itu saya sangat berharap sekalia da sobat  yang mau menambahkan.  Semoga bermanfaat sobat… :-)

Comments
8 Responses to “Tips Untuk Yang Mau Membuka Usaha Warnet”
  1. Dhimas Nugraha mengatakan:

    thankz atas kunjungan anda di blog sederhana saya…

    salam blogger indonesia…

  2. Asop mengatakan:

    Bikin warnet yang nyaman ya! ^__^

    *juga yang benwitnya gedhe, biar kenceng*

    • Kang Javas Underconstruction mengatakan:

      Hahahaaaaa….. itu dia tuh yang paling di harepinn.. :-D thx ya dah mampirrr… :-)

  3. iman mengatakan:

    blognya bagus, jangan lupa ya mampir di website saya.

    • Javasland Underconstruction mengatakan:

      Makasih banayk ya sobb… dah mampir, Insya Alloh nanti saya berkunjung balik :-)

  4. Raymanz mengatakan:

    Sob,…kapan paket speedy game online diluncurkan?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: